Baby · Kesehatan

Cara Membersihkan Mulut Bayi Baru Lahir

Hai moms ketemu lagi dengan mami di sesi #CurcolYukMoms. Moms sering enggak sih kita dengar pendapat tentang nggak perlu membersihkan mulut baby karena belum tumbuh gigi? Nah moms memang faktanya bayi baru lahir belum memiliki gigi,sehingga kebersihan mulut pada bayi yang baru lahir jarang diperhatikan. Padahal sebenarnya kebersihan mulut pada baby baru lahir itu harus diperhatikan karena sisa ASI atau air susu yang dikonsumsi baby akan menempel di lidah dan sekitar gusi baby. Kalau tidak dibersihkan dalam waktu yang cukup lama, maka akan terjadi penumpukan bakteri dan kuman di bagian mulut dan gusi baby kita.

Belum lagi baby kita gampang banget terserang oleh kuman penyakit yang dimana menyerang ke usus pencernaan. Padahal pencernaan baby kita masih rentan dan sensitif sekali moms. Selain itu juga bisa menyebabkan penyakit gusi dan yang paling parahnya adalah infeksi jamur Candida. Infeksi ini terjadi ada bercak putih di bagian lidah dan mulut baby kita. Lalu ada sariawan di bagian dalam pipi baby kita. Dan biasanya infeksi jamur ini memang tidak berbahaya. Ketika kita ke dokter kita akan diberikan obat anti jamur yang akan diteteskan ke lidah baby kita.

That’s why membersihkan mulut dan gusi pada bayi baru lahir itu penting. Selain menjadi bersih ternyata manfaatnya banyak moms, yaitu akan membuat indera perasa baby kita lebih baik, mengurangi sisa-sisa ASI atau air susu yang menempel di sekitar lidah dan gusi baby, menurunkan resiko penumpukan bakteri atau kuman di mulut dan mengurangi bau tidak sedap di mulut si Kecil.

Lalu bagaimana cara membersihkan mulut dan gusi pada bayi?

  1. Cuci tangan
    Baby yang baru lahir, bagian mulutnya enggak terlalu besar otomatis kita akan menggunakan tangan kita untuk masuk ke dalam mulut baby untuk membersihkan bagian lidah dan gusi. Sebelum kita melakukan hal itu jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun antiseptic dan air mengalir, agar jangan sampai tangan kita yang penuh dengan kuman kita masukkan ke mulut baby. Nanti yang ada kuman masuk ke dalam tubuh baby kita. Padahal baby yang baru lahir itu rentan dan sensitif.
  2. Kain kasa steril
    Setelah kita mencuci tangan kita, selanjutnya kita balut kain kasa di jari telunjuk kita. Lalu masukkan telunjuk ke air hangat.
  3. Membersihkan
    Kita masukkan jari yang sudah terlilit kain kasa ke dalam mulut baby kita. Kalau baru awal biasa baby akan nolak. Kita lakukan gerakan memutar dan sesekali kita menyeka bagian pipi dalam dan gusi baby kita dengan perlahan. Kita lakukan gerakan membersihkan ini minimal 1x sehari apalagi setelah menyusui.

Nah itu adalah cara membersihkan lidah dan gusi baby kita. Ingat ya moms kebersihan mulut dan gusi lidah bayi baru lahir itu penting sekali. Kalau enggak itu bisa menyebabkan beberapa masalah mulut pada baby kita. Lebih baik mencegah daripada mengobati kan?

Untuk lebih jelas bagaimana cara membersihkan mulut baby, tonton videonya di bawah ini ya.