Ibu Menyusui

Stimulasi ASI Deras Berlimpah Anti Gagal : Mampu Menghasilkan 2 Liter Sehari

Tahu nggak sih tugas mulia seorang ibu setelah melahirkan adalah menyusui? Tahu ya pastinya moms. Tugas mulia seorang ibu adalah menyusui buah hati dari usianya 6 bulan sampai 1 tahun untuk ASI eksklusif. Tapi moms, enggak jarang kita temui para mami setelah melahirkan takut ASI nggak bisa keluar, ASI sedikit dan nggak cukup. Fenomena ini nggak cuma new mommy yang merasakan, mami sendiri yang sudah punya 2 anak, ketika melahirkan si kembar juga berpikir ASI mami cukup nggak untuk mereka.

Sebenarnya pemikiran seperti ini nggak perlu, karena pada kenyataannya semua ibu di dunia pasti bisa mencukupi ASI eksklusif kepada buah hati selama usianya 6 bulan sampai 1 tahun bahkan ada yang 2 tahun.

Mami sendiri kan sudah punya 4 anak, saat Louisse Scarlett anak pertama mami bisa memberikan ASI eksklusif selama 1 tahun bahkan ASI yang mami berikan ke Louisse sampai berlimpah, di freezer sampai penuh bahkan sampai disumbangkan juga. Dan anak kedua yaitu Loewy Axell, mami bisa memberikan ASI eksklusif selama 8 bulan, pada saat itu Loewy minum ASInya banyak sekali. Dan sekarang di kelahiran ketiga untuk baby kembar, memang di awal mami hanya bisa menghasilkan 20-40 ml. Tapi setelah 1 bulan melahirkan, mami mampu menyediakan ASI hampir 2 liter per harinya atau tepatnya 1.920 ml ASI per harinya. Jujur sampai hari ini mami masih bisa simpan ASI beku, tapi namanya baby kembar ya moms apalagi baby boy, anak mami masing-masing per 2 jam sekali minum 10 ml ASI jadi yang disimpan enggak sebanyak ketika menyusui Louisse dulu.

Penasaran nggak moms bagaimana cara mami bisa menghasilkan 2 liter ASI per hari nya? Yuk simak kiat-kiat yang mami lakukan agar ASI mami lancar!

Rahasia ASI bisa sampai 2 liter per hari setelah 1 bulan lahiran

  1. Frekuensi Menyusui
    Ini adalah poin paling penting untuk mendapatkan ASI melimpah. Setelah kita melahirkan, kita akan diminta oleh suster untuk menyusui buah hati kita, padahal saat itu kita belum ada ASI moms, betul kan moms? Tapi suster terus menerus meminta kita untuk menempelkan puting payudara ke baby kita agar hormon prolaktin terangsang untuk meningkatkan produksi ASI. Sama halnya ketika kita sudah ada ASI, jangan kalau sudah bisa keluar ASI lalu berhenti menyusui.
    Menyusui harus berulang kita lakukan, komitmen dan konsisten 2 jam sekali menyusui. Ketika kita menyusui terjadi proses Let Down Reflex yaitu proses dapat merangsang otot kontraksi pada payudara sehingga dapat memproduksi ASI lebih banyak lagi. Jadi menyusui ini juga sama dengan hukum permintaan dan penawaran. Semakin banyak permintaan otomatis jumlah persediaannya akan mengikuti. Sama seperti baby kita yang terus menerus menyusu lama kelamaan ASI kita akan semakin deras dan mencukupi untuk baby kita.
  2. Rileks pada saat menyusui
    Kita rileks dan happy akan membuat ASI kita berlimpah. Berbeda halnya saat kita depresi dan stres seperti yang pernah mami alami ketika bayinya Loewy. Pada saat itu kan mami sempat kena tipu nah mami depresi, stres itu membuat ASI mami drop parah sampai ASI kurang moms. Berbeda halnya ketika mami kasih ASI saat Louisse dan baby kembar, mami happy, ASI mami meningkat bahkan cadangannya banyak. Bahkan saat ini yang baby kembar dan cowok yang minumnya banyak, mami masih bisa simpan ASI kurang lebih sampai 450 ml – 500 ml per harinya karena mami happy ketika mami menyusui dan memerah ASI. So moms, tips dari mami untuk mendapatkan ASI melimpah dan lancar keep happy. Moms bisa lho sambil nonton drakor agar happy kayak mami ketika menyusui si kembar.
  3. Konsisten memompa ASI
    Biasanya baby newborn kebanyakan tidur terus, pada saat itu manfaatkan untuk memompa ASI agar produksi ASI makin banyak. Pompa ASI 2 jam sekali walaupun ASI yang didapatkan hanya sedikit, jangan menyerah moms.
  4. Perlekatan pada bayi
    Perlekatan pada bayi itu juga sangat berpengaruh untuk stimulasi produksi ASI kita. Perlekatan yang baik adalah ketika puting masuk ke mulut baby, lalu bagian areola puting kita juga masuk ke mulut baby kita, itu perlekatan yang benar dan nggak akan buat puting kita luka dan lecet. Nah perlekatan yang baik dan benar otomatis akan membuat kita nyaman saat menyusui berbeda dengan ketika puting kita luka dan lecet akan membuat kita kesakitan dan trauma akhirnya jarang menyusui dan memompa ASI akhirnya ASI kita drop.
  5. Menyusui di kedua payudara
    Menyusui jangan cuma 1 payudara, harus kedua sisi. Biasanya mami akan menyusui secara bergantian dengan jarak waktu 15 menit. Dengan begitu otomatis kita bisa menstimulasi kedua payudara kita untuk memproduksi ASI secara optimal.
  6. Kebutuhan gizi
    Gizi dari sumber makanan itu penting sekali. Kita harus memenuhi kebutuhan makro nutrien dan mikro nutrien. Makro nutrien itu adalah vitamin dan mineral sedangkan mikro nutrien adalah karbohidrat, lemak dan protein. Kita bisa dapatkan dari sayuran hijau, buah, ayam, ikan, telur dan kacang-kacangan. Jangan lupa penuhi kebutuhan kita setiap hari sehingga bisa membuat ASI kita menjadi banyak.
  7. Makanan penambah ASI
    Tubuh kita membutuhkan energi untuk memproduksi ASI dan kita membutuhkan energi dari makanan. Makanan yang harus kita konsumsi adalah makanan yang bisa menambah ASi seperti oatmeal yang mengandung zat besi, bawang putih, aneka sayuran hijau seperti bayam dan daun katuk itu memiliki senyawa yang bisa menambah ASI kita, lalu biji wijen yang mengandung mineral dan kalsium tentunya bagus untuk pertumbuhan tulang baby kita. Jangan cuma makanan, tapi asupan minuman jangan juga lupa, kita harus mendapatkan asupan minuman minimal 8 gelas sehari.
  8. Pijat payudara
    Memijat payudara ini penting banget untuk membuat ASI kita lancar dan produksi ASI juga optimal. Arah memijat payudara bisa dari luar ke dalam dan kita bisa memijat payudara kita ketika memompa ASI atau pada saat kita menyusui, bisa juga pada saat kita mandi menggunakan sabun agar lebih mudah karena licin dan air hangat.
  9. ASI booster alami
    Ketika kita baru mempunyai baby pasti kita begadang terus, kurang istirahat that’s why kita butuh ASI booster. Di Indonesia kita kaya akan rempah-rempah, jadi ASI booster alami bisa kita dapatkan dari kencur, kunyit, temulawak, lempuyang. Bisa juga dari daun katuk, kacang almond, susu olahan sapi, kacang kedelai, kacang hijau, itu semua bisa memperbanyak dan memperlancar ASI kita moms. Mami sendiri rutin minum ASI booster alami seperti susu kacang almond. Dan nyatanya walaupun mami begadang terus, produksi ASI mami tidak terganggu malah makin banyak jumlahnya semenjak minum ASI booster.

Itu dia cara agar ASI lancar dan berlimpah versi mami anti gagal. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.