Baby · Kesehatan

Tanda-tanda Bahaya Bayi Baru Lahir, Harus Hati-hati Nih Moms!

Siapa sih orangtua di dunia ini yang nggak bakal happy kalau baru saja mendapatkan buah hati tercinta? Semua pasti happy ya, bahkan mami sendiri walaupun sudah punya 2 anak, tapi ketika melahirkan anak kembar (anak ketiga dan keempat) rasanya itu mami happy banget.

Berbicara tentang bayi baru lahir, ternyata ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan pada newborn baby jika memiliki beberapa gejala atau tanda-tanda bahaya berikut. Jangan sampai kita sebagai orangtua kita enggak aware terhadap gejala atau tanda bahaya tersebut yang bisa mengakibatkan kematian terhadap baby kita. Apa saja tanda bahaya tersebut?

6 tanda bahaya terhadap bayi yang baru lahir yang harus kita perhatikan

1. Bibir berwarna biru – sianosis

Sianosis adalah kondisi ketika jari tangan, kuku dan bibir tampak berwarna kebiruan karena kurangnya oksigen dalam darah. Baby mami, Luckie Caesar adalah baby prematur. Ketika baru lahir sampai dibawa ke rumah dia sesak nafas. Beberapa minggu bibir dia berwarna biru apalagi pada saat dia minum ASI. Bahkan bagian bawah matanya juga berwarna biru. Untuk baby prematur itu hal yang masih termasuk wajar. Tapi kalau sampai birunya itu 1 muka dan bahkan berwarna terong ungu harus dibawa ke RS terdekat. Untuk kasus bayi lahir normal kalau tiba-tiba bibir baby berwarna biru atau bawah matanya berwarna biru langsung bawa ke RS terdekat agar langsung diperiksa.

2. Bayi terlihat sesak nafas

Nah ini mami pengalaman banget moms. Baby yang terlihat sesak nafas biasanya ditandai dengan frekuensi nafas yang sangat cepat. Sama seperti Luckie Caesar. Jadi sesak nafas ini adalah retraksi ketika otot-otot di dada dan leher anak tampak naik turun lebih hebat dari biasanya pada saat bayi bernafas. Dada dapat terlihat cekung dan diiringi dengan suara rintihan baby. Untuk kasus Luckie, dia sesak nafas karena memang usia prematur yang cukup rendah, lalu pada saat dia lahir memang organ paru-parunya belum berkembang dengan sempurna. Bahkan sudah keluar dari NICU, kinerja paru-parunya masih lebih rendah dari standar normal jadi dia masih sesak nafas apalagi saat minum ASI. Tapi kalau untuk baby normal kalau sampai terlihat sesak nafas padahal tadinya nggak, segera bawa ke RS terdekat agar cepat terdeteksi apa yang dialami oleh baby kita.

3. Demam di atas 38 ℃

Untuk baby yang baru lahir kalau sampai suhu tubuhnya sampai 38 ℃ bisa jadi itu disebabkan oleh virus influenza. Jadi kalau sampai ada kejadian seperti itu jangan ditunda segera bawa ke RS terdekat agar bisa ditangani dokter.

4. Kulit baby berwarna kuning

Enggak semua kulit baby yang berwarna kuning itu berbahaya. Ada beberapa kasus baby yang kulitnya kuning itu akan hilang dengan sendirinya tapi ada juga beberapa kasus yang cukup parah. Jadi moms, baby yang kondisi kuningnya parah biasanya kulit dia akan berwarna kuning lalu bahkan sampai telapak kaki berwarna kuning, padahal biasanya merah. Kalau sampai sudah berwarna kuning seperti itu berarti kondisinya sudah cukup parah. Nah kuning ini ternyata disebabkan oleh kadar bilirubin yang tinggi. Kadar bilirubin yang tinggi bisa menyebabkan kejang bahkan kerusakan otak secara permanen lho.

5. Baby tidak mau menyusu

Baby yang tidak mau menyusu biasanya akan dehidrasi dan lemah. Kita bisa tahu baby kita dehidrasi atau nggak dari frekuensi buang air kecilnya. Baby yang baru lahir usia 1 hari minimal harus buang air kecil 1x. Baby baru lahir usia 2 hari minimal harus BAK 2x sehari. Usia 3 hari harus BAK 3x sehari minimal. Usia 4 hari minimal BAK 4x sehari. Usia 5 hari minimal harus BAK 5x sehari, dan usia 6 hari minimal harus BAK 6x sehari. Usia selanjutnya minimal harus 6x sehari BAK. Kalau sampai kurang dari itu berarti baby kita mengalami dehidrasi. Baby yang mengalami dehidrasi biasanya lemas, matanya cekung dan mulutnya kering. Kalau sampai kita menemukan kondisi seperti ini pada baby kita yang baru lahir segera bawa ke RS terdekat untuk ditangani.

6. Muntah berwarna hijau atau hitam

Kalau kita sampai menemukan baby baru lahir dan muntah berwarna hijau biasanya ada sumbatan pada saluran cerna. Kalau sampai baby kita muntah berwarna hitam biasanya ada pendarahan dalam saluran cerna. Seandainyai baby kita jatuh dan enggak muntah itu enggak papa tapi kalau muntah langsung bawa ke rumah sakit. Karena kalau sampai anak kita jatuh kena kepala dan dia muntah, berarti ada pendarahan dalam kepala dia.

Nah moms that’s all 6 tanda bahaya baby baru lahir yang harus kita aware dari dini jangan sampai tanda bahaya ini kita kesampingkan sehingga bisa menyebabkan sesuatu hal yang tidak kita inginkan.