Baby · Growth

Tahap Perkembangan Bayi Kembar Prematur Usia 1 Bulan

Hai moms kembali lagi di sesi #CurcolYukMom. Jadi pada kesempatan hari ini mommy akan update tentang tahap perkembangan bayi kembar prematur usia 1 bulan. Mommy memiliki 2 baby kembar yang pertama bernama London Kingston lahir dengan berat badan 2.8 kg, pada saat itu lahirnya di jam 9.05 di pagi hari.

Untuk London sendiri ketika lahir enggak ada biru-biru di kulitnya, dia lahir dengan sehat cuma awalnya London pada saat lahir sempat enggak nangis. Nah saat itu dokter sempat mengira bahwa London punya kelainan di bagian jantung atau paru-paru. Sempat diobservasi di ruang operasi, dikasih bantuan, dan kurang lebih 15 menti kemudian London akhirnya bisa nangis moms.

London sendiri enggak masuk NICU, dia baik-baik aja, paru-paru, jantung dan organ tubuh yang lain semuanya sehat. Jadi sekilas info, baby mommy lahir di usia 34 minggu jalan 35 minggu ya moms. London sendiri sehat enggak ada masalah apapun bahkan sampai pulang ke rumah, London minum susu juga teratur per 2 jam sekali sebanyak 20 ml. Walau awalnya sempat tidur terus tapi seiring berjalannya waktu, di 2 minggu pertama akhirnya London sudah bisa minum 40 ml per 2 jam. Kemudian sampai hari ini dia minumnya bisa 100 ml per 2-3 jam. London sukanya tidur. Jadi habis dia minum susu dia tidur dan dia cuma nangis ketika dia lapar dan popoknya basah aja moms.

Sekarang London di usia 1 bulan berat badannya sudah 3.6 kg, tinggi badannya 52 cm dan baru saja divaksin sama dokter. Setelah dicek semua oke banget cuma 1 masalahnya, London kulitnya itu sekarang agak sedikit kuning karena beberapa lama sudah enggak ada matahari kan moms enggak bisa berjemur, jadi agak kuning, kata dokter it’s okay karena mungkin sel darah merahnya lagi adaptasi sehingga membuat warna kulitnya London yang awalnya putih jadi kuning tapi nanti akan jadi putih lagi di usia kurang lebih 6 bulan.

Nah itu dia perkembangan 1 bulan London Kingston, selanjutnya mommy akan berikan perkembangan anak kembar kedua mommy yaitu Luckie Caesar. Luckie Caesar lahir di jam 9.08 di pagi hari, berat badannya 2.5 kg. Pada saat Luckie lahir badan semuanya biru, cuma pada saat lahir Luckie bisa nangis. Jadi sempat kita mengira Luckie itu baik-baik saja London yang bermasalah. Nah selang 15 menit kemudian Luckie tiba-tiba enggak bisa nangis, dan sesak nafas sedangkan London yang tadinya enggak bisa nangis jadi bisa nangis, nafasnya teratur, jantungnya juga oke.

Luckie pada saat lahir sudah sesak nafas akhirnya diputuskan oleh dokter untuk masuk NICU. Luckie masuk NICU selama 4 hari 3 malam. Selang dimana-mana, dia dibantu dengan alat pernafasan sampai sempat disinar biar kuningnya hilang. Selang 4 hari 3 malam, pas di tanggal 26 Desember malam hari mommy bisa bawa pulang Luckie Caesar. Pada saat itu Luckie dinyatakan sudah bisa nafas walaupun enggak normal banget tapi dia bisa nafas dengan teratur tanpa alat bantu nafas.

Setelah pulang Luckie punya masalah baru, matanya merah yang di sebelah kanan. Mommy kira kena alat atau apa ternyata pada saat lahir Luckie itu matanya juga biru. Nah dari biru itu berubah jadi merah, matanya itu merah di bagian bola mata kayak ada darah. Kurang lebih memakan waktu sampai usia Luckie 3 mingguan merah di mata berangsur hilang dan sudah bisa terbuka lebar.

Masalah mata merah selesai, ada masalah lain moms, Luckie itu sampai hari ini kalau minum susu capek banget, kasihan banget. Sempat beberapa hari yang lalu Luckie pada saat minum susu kesedak. Kesedak sebenarnya sudah sering ya moms terjadi tapi seringnya itu paling bibirnya biru, nah yang kemaren ini parah moms, pas mommy susuin dia kesedak sampai mukanya biru semua dan sempat nafasnya berhenti 3 detik.

Ya mommy jujur panik, mommy langsung berusaha untuk angkat punggung dia, tepuk-tepuk sambil berdoa. Akhirnya Luckie bisa nafas lagi moms, dan dia juga kayak trauma gitu, ketika dia sudah sadar dan dia masih lapar, dia mau minum susu tapi dia takut kelihatan dari wajahnya. Luckie takut, gimana mommy.

Setelah mommy konsultasi sama dokter, dokter berkata bahwa ini wajar untuk baby prematur, semakin awal usia baby lahir maka paru-parunya belum berkembang dengan sempurna. Otomatis hal seperti dia minum susu sesak nafas dan kesedak itu pasti ada, cuma kita sebagai ibu bisa meminimalisir dengan cara kita kasih susunya pelan-pelan, saat kita menyusui posisinya kita tinggikan, jangan biarkan anak nyedot kencang banget. Tapi kalau sudah sampai tersedak kita langsung buru-buru naikin posisi punggungnya, dan ditepuk-tepuk.

Luckie di umur 1 bulan sudah vaksin juga bersama London dan sekarang berat badannya 2.8 kg, tingginya 48 cm dan untuk segala macamnya masih oke kecuali nafasnya aja. Dari dokter minta mommy naikkan berat badannya sebanyak mungkin biar paru-parunya bisa berkembang layaknya baby normal.

Inilah perkembangan London dan Luckie si kembar prematur di usia 1 bulan. Kemarin ini kita juga baru merayakan 1 bulanan London dan Luckie. Doain ya aunty uncle semoga baby kembar mommy tumbuh sehat dua-duanya. See you di next perkembangan baby kembar mommy usia 2 bulan.