Fakta-Fakta · Pregnancy

Bahaya Rumput Fatimah Bagi Ibu Hamil dan Janin

Kali ini mami akan sharing berita yang sempat viral di Tiktok yaitu tentang ibu hamil minum air rendaman rumput fatimah lalu tiba-tiba membuat detak jantung janin negatif alias meninggal di dalam rahim. Nggak hanya itu, ternyata sang ibu juga mengalami syok karena mengalami pendarahan dan harus menjalani operasi karena mengalami ruptur rahim sehingga dia harus mendapatkan transfusi darah dan menghabiskan 20 kantong darah.

Pasti yang sudah menonton video di Tiktok juga bingung kok bisa sampai begitu, dan mungkin ibu hamil jadi ngeri ya dan bertanya-tanya apa itu rumput fatimah?

Rumput fatimah adalah rempah-rempah asal indonesia dengan nama latin Labisia Pumila. Rumput fatimah memiliki kandungan oksitosin yang dapat merangsang persalinan. Sebenarnya moms, rumput fatimah ini memiliki kadar oksitosin yang tidak terukur, ketika kita merendam rumput fatimah semakin lama maka akan membuat zat oksitosin yang terlarut dalam air semakin terkonsentrasi, sehingga sebenarnya penggunaan rumput fatimah ini harus berdasarkan dari dokter nggak boleh sembarangan.

Efek samping rumput fatimah

1. Membuat kontraksi lebih cepat

Kandungan senyawa fitosemikel dalam rumput fatimah ini gunanya untuk mendorong kontraksi lebih cepat dibanding biasanya. Sehingga kalau kontraksi ini kita paksa untuk lebih cepat dari biasanya tentunya akan membahayakan untuk janin dan sang ibu bahkan bisa membuat janin meninggal dalam rahim.

2. Membuat janin stres

Seperti yang tadi mami jelaskan bahwa rumput fatimah ini mengandung zat oksitosin, ketika kita mengonsumsi rumput fatimah otomatis zat oksitosin tersebut akan membantu proses kontraksi uterus. Dengan meningkatnya oksitosin otomatis kontraksi rahim akan meningkat juga. Dengan kondisi seperti ini akan membuat janin di dalam kandungan menjadi stres.

3. Rahim akan kekurangan darah

Akibat dari kontraksi terus menerus akan menyebabkan atonia uterus yang dimana karena kita mengonsumsi air rendaman rumput fatimah akan membuat otot uterus kita gagal mempertahankan kontraksi setelah melahirkan, akibatnya akan membuat pembuluh darah di daerah plasenta nggak bisa ditekan lagi dan akan membuat rahim kita akan kekurangan darah.

4. Menyebabkan pendarahan hebat

Orang jaman dulu percaya dengan kita meminum air rendaman rumput fatimah bisa membuka jalan lahir lebih cepat dari baisanya. Tapi beda halnya kalau rumput fatimah ini direndam terlalu lama, maka akan membuat zat oksitosin meningkat. Hai ini sangat berbahaya terhadap nyawa janin dan juga dapat membuat sang ibu mengalami pendarahan yang hebat.

5. Terjadinya ruptur rahim atau rahim robek

Dengan adanya kontraksi yang hebat di rahim tentunya akan membuat rahim bekerja lebih keras dari biasanya, dan dengan kita meminum air rendaman rumput fatimah yang direndam secara berlebihan otomatis akan membuat kontraksi cukup hebat dan membuat rahim kita kelelahan. Dan tentunya akan memicu hal yang berbahaya terhadap rahim kita yaitu ruptur rahim yang mana dapat membuat kerusakan pada rahim atau robeknya dinding rahim.

6. Menyebabkan kematian ibu dan janin

Rendaman air rumput fatimah terkenal sebagai obat tradisonal untuk memicu kontraksi tapi kalau kontraksi terlalu sering akan membuat bayi kekurangan oksigen, apalagi kalau kontraksi terus berlanjut itu akan membuat bayi gagal jantung dan nyawanya tidak tertolong lagi begitu pula dengan ibu. Dengan pecahnya rahim itu akan membuat goncangan pada ibu yang mana akan mengancam nyawa ibu.

Ini adalah all about air rendaman rumput fatimah. Jadi buat ibu hamil atau siapapun yang berencana meminum air rendaman rumput fatimah, boleh aja tapi semua ini harus dikonsultasikan dulu dengan dokter kandungan jangan sembarangan agar ibu dan janin selamat sampai persalinan.