Pregnancy

Barang Penting yang Harus Dibawa ke Rumah Sakit Saat Persalinan

Sebagai ibu hamil bukan cuma mental dan fisik yang harus kita siapkan untuk persalinan tapi perlengkapan yang harus kita bawa ke rumah sakit itu juga nggak kalah pentingnya. Jangan sampai kita terburu-buru dan meremehkan perlengkapan yang harus dibawa, alhasil kita bisa merepotkan diri kita sendiri atau pendamping kita untuk bolak balik ke rumah sakit karena banyak perlengkapan yang ketinggalan. Maka dari itu hari ini mami akan share apa aja perlengkapan penting yang mesti dibawa ke rumah sakit.

Perlengkapan penting wajib dibawa untuk persalinan

1. Dokumen penting

Ini penting banget kita bawa ya moms, ada KK, buku registrasi rumah sakit, buku untuk pendaftaran rumah sakit, KTP, sejumlah debit, kredit, asuransi, semua lengkap di 1 map. Jadi ini semua yang harus kita bawa ke rumah sakit pada saat kita mau melahirkan.

2. Perlengkapan alat komunikasi dan dokumentasi

Jadi di dalam tas ini mami sudah siapkan ada kamera, power bank, kabel cas. Kalau sampai ini nggak dibawa nggak bisa dokumentasi, padahal kan persalinan adalah salah satu momen membahagiakan dan harus diabadikan, ya kan moms?

3. Perlengkapan pakaian mami

Nah di sini mami punya pakaian menyusui yang harus dibawa ke rumah sakit karena setelah kita lahiran pasti kita harus menyiapkan diri kita untuk mengASIhi anak kita. Mami menyiapkan baju untuk 3 hari. Semua bajunya khusus untuk menyusui dan mami beli di @mooimom.

4. Perlengkapan pakaian dalam

Mami punya pakaian dalam dari Mooimom. Jadi 1 set, celana dalamnya juga khusus ya moms agar tidak melukai jahitan sesar kita, biar kita nggak ngundang keloid juga. Bra menyusui itu penting banget untuk memudahkan kita menyusui anak kita dan tentunya bisa memperlancar aliran ASI kita.

5. Korset pasca melahirkan

Mami punya korset terbaik di Amerika yaitu Belly Bandit. Bahannya dari bambu, lembut banget dan nggak melukai luka bekas jahitan kita.

6. Kain menyusui

Mami punya kain menyusui dari @mooiofficial. Yang mami suka dari Mooi ini bahannya enak banget, lembut dan yang paling penting nggak bikin mami kepanasan karena bahannya adem.

7. Breast pads

Mami punya breast pads dari Mooimom. Ini penting banget karena setiap kejadian menyusui apalagi ASI sudah keluar bawaaanya dingin terus karena ASI nya bikin basah baju dan breast pads ini membantu banget, mesti banget punya dan harus dibawa.

8. Pembalut nifas

Mami punya dari Softex maternity ini pembalut nifas yang mami pakai after persalinan. Memang sih di rumah sakit biasanya menyediakan tapi tetap kita bawa untuk cadangan ya moms karena kita nggak tahu darah yang kita keluarkan pasca melahirkan banyak atau nggak.

9. Membawa tas kosong pakaian kotor

Tas yang mami pakai dari @Allegra.Official kenapa nggak plastik karena untuk mencegah global warming ya moms.

10. Perlengkapan mandi

Memang sih ada beberapa yang mengatakan setelah persalinan 1 bulan kemudian baru mandi tapi kalau mami 3 hari kemudian harus mandi. Ada sabun, sikat gigi, shampoo, sabun cuci muka dan lotion.

11. Perlengkapan make up

Yang mami bawa sebenarnya skincare lalu ada pembersih muka, bedak, foundation, eyeshadow dan lipstick. Kenapa mami harus bawa ini? Iya karena setelah persalinan mami mau foto-foto sama anak mami jadi mami harus tetap terlihat segar nggak pucat.

12. Perlengkapan menyusui

Mami punya dari @spectrababyidn. Spectra ini sudah menemani perjalanan mami menyusui dari anak pertama sampai si Kembar. Yang pastinya sebelumnya mami pakai Spectra itu selalu membuat mami sukses mengASIhi anak mami, full ASI.

13. Kantong ASI

Kantong ASI ini mesti dibawa ke rumah sakit karena ketika ASI kita sudah keluar kantong ini untuk menyimpan ASI kita. Mami menggunakan dari Mooimom juga nih moms.

14. Perlengkapan cordlife

Mami pakai bank tali pusat dan darah dari Cordlife, mami sudah menggunakan ini dari anak kedua sampai anak kembar. Kenapa? Karena ini untuk wanti-wanti aja kalau sampai amit-amit anak mami atau keluarga ada yang mengalami penyakit yang sulit disembuhkan jadi mesti dibawa, karena saat persalinan nanti kita kasih ke dokter atau suster untuk menyimpan darah dan tali pusat anak kita.

15. Perlengkapan bayi

  • Baju
    Mami punya baju dari @kazel_babywear. Tentunya kita harus memilih baju yang bahannya lembut dan nyaman digunakan untuk baby kita dan pastinya nggak menyebabkan alergi. Mami biasanya akan pilih yang lengan panjang.
  • Topi
    Mami punya dari @mooiofficial
  • Kaus kaki
  • Sarung tangan
  • Bedong
    Bedong si Kembar mami gunakan dari @mooiofficial juga. Bahannya nggak diragukan, halus dan lembut
  • Selimut
    Selimutnya dari @babybee_beecorp
  • Bantal dan guling
    Bantal yang mami pakaikan untuk baby dari @mooiofficial yang anti peyang beserta gulingnya
  • Popok
    Walaupun dari rumah sakit disediakan popok untuk baby mami tetap stock popok dari Genki
  • Skincare
    Skincare baby mami percayakan pada Buds
  • Tisu basah
    Tisu basah mami siap sedia dari Enblanc, mami beli di @babygoodsid

16. Disinfectan spray

Untuk membunuh virus dan kuman. Mami beli di @babygoodsid

17. Thermometer

Bisa order di @littlegiant_id untuk mengecek suhu tubuh baby dan ibunya

18. Masker

Shopee : kuke store harga cuma 17rb isinya 50 pcs

19. Nursing pillow

Mami beli di @babybee_beecorp

Nah itu dia perlengkapan yang wajib dibawa menjelang persalinan. Jangan sampai lupa ya moms.