Ibu Menyusui · Review Produk

Rahasia Sukses Menaikkan Berat Badan Bayi Kembar Prematur

Menaikkan berat badan bayi baru lahir merupakan salah satu fokus utama para ibu apalagi setelah melahirkan baby dengan berat badan yang rendah. Sama halnya dengan mami, mami sudah punya 4 anak. Anak pertama lahir dengan berat badan 3.1 kg, anak kedua berat badan 3.9 kg. Tapi berbeda dengan bayi kembar mami, bayi kembar mami lahir secara prematur London 2.5 kg dan Luckie 2.3 kg.

Jadi moms dengan kasus berat badan bayi kembar rendah sekaligus prematur ini menjadi salah satu konsentrasi mami untuk menaikkan berat badan si Kembar karena Luckie juga sempat masuk NICU dikarenakan paru-parunya belum berkembang dengan sempurna. Jadi setelah keluar NICU diminta dokter untuk menaikkan berat badan si Kembar agar pertumbuhannya bisa menyerupai baby normal, paru-parunya bisa berkembang dengan sempurna sehingga nggak terlalu sesak nafas.

Akhirnya setelah mami melewati berbagai cara, mami sukses menaikkan berat badan London Luckie. London di usia 2 bulan sudah memiliki berat badan 6 kg Luckie di 2 bulan sudah 5 kg.

Rahasia sukses menambah berat badan

1. Menyusui

Cara pertama ini adalah kunci utama kesuksesan mami menaikkan berat badan si Kembar. Percayalah moms kita dikaruniai dengan ASI berlimpah yang disesuaikan dengan permintaan si Kecil. Jadi jangan takut, cemas maupun panik kita nggak bisa menyusui eksklusif ke si Kecil. Nyatanya dengan kita terus menyusui baby secara rutin kita akan mendapatkan ASI berlimpah.

Mungkin yang awalnya kita hanya dapat 10-20 ml dengan kita menstimulasi payudara kita lama kelamaan ASI akan terus meningkat jumlah produksinya sesuai dengan jumlah permintaan si Kecil. Sama halnya dengan si Kembar, dengan mami terus menempelkan si Kembar di payudara mami itu ASI akan mengikuti dengan jumlah permintaan si Kembar. Alhasil produksi ASI mami berlimpah, lancar dan cukup sampai hari ini.

Dengan kita terus menyusui itu akan membuat baby kita cepat bertambah berat badannya. Menyusui itu penting kalau kita cuma mompa dan jarang menyusui baby itu otomatis produksi ASI kita tidak akan melimpah, akan segitu aja.

Sesuai dengan pengalaman mami, ketika baby mami di usia 1 bulan mami mompa dapat 160 ml itu tanpa menempelkan baby mami, mami pikir ASI akan bertambah ternyata setelah mami stop nggak menyusui secara langsung sama sekali selama 2 minggu ASI stuck di 160 ml tapi setelah mami ubah polanya, sebelum pompa mami susuin babynya langsung sekarang mami bisa dapat 300 ml moms.

2. Memompa ASI

Untuk kasus memompa ASI ini berdasarkan pengalaman di Luckie. Luckie sempat masuk NICU dan setelah keluar dokter minta untuk memerah ASI agar jumlah ASI bisa ditakar, karena kalau baby prematur apalagi yang bagian paru-parunya belum berkembang dengan sempurna alias suka sesak nafas misalnya Luckie menyusu secara langsung akan capek dan mungkin dia hanya akan minum foremilk dan hindmilknya nggak dapat.

Baby Luckie pas awal di usia 0 bulan ditakar 30 ml per 2-3 jam sekali, jadi setelah mami pompa mami berikan ke Luckie. Memompa ASI juga penting banget, dengan kita pompa kita bisa tahu berapa ASI yang bisa kita dapatkan. Tapi ingat moms memompa ASI harus didahului dengan menyusu dulu. Jangan sampai kebalik ya moms.

3. Mengonsumsi ASI booster

Jadi moms mami flashback lagi saat usia London Luckie 1 bulan, si Kembar kontrol ke dokter dan London pada saat usia 1 bulan berat badannya cuma 3 kg sedangkan Luckie 2.5 kg, masih kurang. Dokter nanya takaran ASI nya sesuai nggak dan mami jawab sesuai. Tapi tidak bisa menaikkan berat badan si Kembar?

Ternyata kata dokter kualitas ASI mami kurang dari segi makro nutrien (karbohidrat, protein dan lemak) dan mikro nutrien (vitamin dan mineral). Dokter menyarankan untuk konsumsi susu menyusui atau ASI booster yang bisa memenuhi makro nutrien dan mikro nutrien pada ASI sehingga ASI selain kuantitasnya banyak tapi kualitasnya juga bagus sehingga bisa menambah berat badan si Kembar lebih cepat.

Dalam kasus London dan Luckie yang walaupun takaran minum susunya sudah sesuai dengan petunjuk dokter tapi tidak menaikkan berat badan, mungkin selain disebabkan karena ASI mami kualitasnya kurang baik juga karena London dan Luckie nggak minum hindmilk hanya foremilk saja. Padahal yang mengandung lemak dan dapat menaikkan berat badan adalah hindmilk.

Kalau begitu berarti lebih baik anak diberikan hindmilk saja dong nggak perlu foremilk?

No. Foremilk dan hindmilk sama-sama dibutuhkan baby kita moms, foremilk kaya akan laktosa untuk membantu perkembangan otak baby dan memenuhi kebutuhan air minum baby kita, kaya akan protein, dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mempercepat perkembangan saraf dan jaringan tubuh, meningkatkan daya tahan tulang dan kulit. Hindmilk juga penting karena hindmilk kaya akan lemak, sumber energi, dapat menjaga organ vital di dalam tubuh dan dapat menambah berat badan baby. Foremilk dan hindmilk nggak boleh dipisah tetap harus diberikan ke baby.

Maka dari itu untuk membuat ASI mami berkualitas, mami memutuskan mengonsumsi ASI booster. Mami konsumsi ASI booster dari Mom Uung. Waktu awal lihat iklan di Instagram sempat tidak percaya bahwa ASInya bisa kental banget, lemaknya banyak banget. Setelah mami konsumsi ASI booster Mom Uung ternyata ASI mami yang awalnya pas pompa itu selalu encer dan berwarna putih, lemaknya sedikit banget, jadi warnanya kuning kental dan lemaknya banget, rasanya juga manis kayak puding. Inilah yang membuat berat badan si Kembar naik segitu banyaknya moms.

Cara kita tahu lemak dalam ASI kita banyak atau nggak gampang ya moms, yaitu ketika selesai pompa kita masukkan ASI kita ke dalam chiller, kita diamkan. Lalu ketika kita mau ambil ASI kita, kita bisa lihat ada yang mengambang di bagian atas ASI itu adalah lemak ASI.

ASI booster Mom Uung ini terbuat dari bahan organik, ekstra daun kelor, ikan gabus dan vitamin yang dibutuhkan ibu menyusui. Ini bisa membuat berat badan si Kembar naik sehingga perkembangan tubuhnya juga bagus moms.

Kenapa harus konsumsi ASI booster?

Namanya kita seorang ibu, apalagi mami punya 4 anak cuma tinggal sama suami, sudah ngurusin baby ribet banget mana ada kita kepikiran untuk ngurus makanan kita, suka lupa makan juga bahkan mami. Otomatis itu yang membuat kualitas ASI mami nggak bagus. Maka dari itu penting untuk minum ASI booster. Kita cari ASI booster yang bagus, organik dan aman itu penting banget.

Dengan kita memiliki produksi ASI berlimpah dan berkualitas, kaya akan lemak, protein, makro nutrien dan mikro nutrien, kita dapat memenuhi kebutuhan baby kita, baby kita kenyang, tumbuh sehat dan normal.

Nah itu dia rahasia sukses mami menaikkan berat badan si Kembar. Untuk yang juga sedang berjuang untuk menaikkan berat badan si Kecil boleh dicoba tips dari mami.