Uncategorized

Pengalaman Jualan Online, Dipotong 900jutaan!

Hari ini mami mau sharing pengalaman dan mami berharap dari pengalaman mami ini teman-teman bisa berhati-hati. Jadi mami memiliki toko online dan baru 3 bulan ini. Jujur memang mami nggak begitu ngerti dengan mekanisme gratis ongkir, yang mami tahu biasa itu marketplace akan kasih free ongkir dengan menggunakan ekspedisi yang sudah bekerja sama dengan marketplace tersebut atau customer yang bayar sendiri.

Jadi mami nggak baca settingannya dan segala macam, akhirnya admin mami salah. Jadi kita jualan menggunakan ongkir free tapi ongkirnya full mami yang bayar, penjual yang bayar. Lalu free ongkir full yang mami bayar buat orang yang beli ke toko mami itu nggak ada maksimal alias unlimited. Jadi misal ongkirnya mau 3 juta atau puluhan juta tetap mami yang bayar. Oke nggak apa-apa itu mami dan karyawan yang salah karena nggak baca settingannya dengan benar, mami terima. Cuma yang jadi masalah, omset mami adalah 1.9 M tapi uang yang dipotong hampir 1 M untuk ongkir dan itu masih berjalan sampai hari ini.

Mami pikir mungkin gara-gara mami kasih free ongkir ke teman-teman yang beli di toko mami jadi mami kena potongan hampir 1 M ini. Tapi mikir lagi masa iya free ongkir sampai hampir 1 M? Masalahnya itu kan toko baru dan itu orderan sehari paling 100 atau puluhan, kalau penjualan lagi high paling sehari bisa jual 200 – 300 orderan aja dan dalam 3 bulan masa iya mami bisa bayarin ongkir sampai 1 M. Mami penasaran dong? Akhirnya mami ngecek ke salah satu jasa kirim yaitu Ninja Xpress.

Jadi ini ada pesanan, customer beli barang total 1.2 juta itu beli sama mami. Tapi ongkir dengan nilai barang 1.2 juta itu 36 juta. Syok dong mami. Mami terima kalau misalnya ongkirnya 36 juta mami yang bayar itu memang benar jumlah yang harus dibayar 36 juta karena kesalahan mami, ya mami akan bayar.

Lalu karena penasaran mami cek ke Ninja Xpress. Ketika mami cek ke Ninja Xpress, mereka mengatakan untuk resi yang disebutkan total ongkir dari toko mami ke customer yang ditagih sebesar 1.2 juta menggunakan ekspedisi Ninja Xpress. Tapi ongkir di marketplace tertera 36 juta berarti selisihnya 35 juta untuk 1 orderan, lalu sisanya kemana uang itu?

Ini memang salah mami yang nggak pernah cek bagian administrasi keuangan karena kan toko mami juga masih baru, belum banyak pembeli jadi ya mami nggak kepikiran sampai sana. Mami hanya pikir untuk disimpan dulu uangnya nanti kalau sudah terkumpul lumayan baru akan mami ambil. Tapi karena mami melihat video yang pernah viral di TIkTok yang membahas tentang marketplace tersebut barulah mami iseng untuk buka marketplace tersebut dan lihat toko mami yang ternyata juga kepotong sampai 1 M.

Saat ini mami sudah berusaha minta tolong kalau memang itu kelebihan tolong ditransfer balik gitu. Free ongkir yang memang harus mami bayar ya akan mami bayar sesuai nominal tapi kalau sisanya ya tolong dibalikin.

Sebenarnya mami sharing pengalaman ini juga mami nggak bisa apa-apa sampai sekarang, nggak bisa memberi tips atau cara untuk mengembalikan uang tersebut. Cuma mami mau berpesan buat temen-teman yang baca sharing ini dan kebetulan sebagai pedagang online harus lebih hati-hati dalam menyetting dan baca semuanya dengan lebih teliti, jangan kayak mami yang nggak baca dan nggak lihat secara benar alhasil merugikan diri sendiri seperti ini.