Uncategorized

Perayaan Satu Bulanan Bayi (满月, Man Yue) : Tradisi Tiongkok dengan Sentuhan Modern

Banyak banget teman yang tanya perayaan 满月 (man yue) atau 1 bulanan itu penting nggak sih? Dan apa artinya?

Dalam budaya orang Tionghoa bayi yang berusia satu bulan diperingati dengan sebuah upacara yang disebut dengan Man Yue (Pesta Telur Merah). Upacara ini dilakukan sebagai ucapan syukur atas kelahiran bayi sekaligus sebagai sarana mengenalkan bayi kepada sahabat. Kenapa 1 bulanan bayi dirayakan? Karena banyak baby yang tidak bisa melewati usia 1 bulan ini itu kenapa di usia 1 bulan ini biasa keluarga akan merayakan perayaan ini entah itu kecil atau besar.

Tahapan dalam perayaan Man Yue :

1. Mencukur rambut baby

2. Gunting kuku baby

3. Menyiapkan telur merah, kue dan nasi ketan

Telur merah digunakan dalam perayaan ini karena telur melambangkan kesuburan dan pembaruan hidup. Dan bila diwarnai dengan warna merah dipercaya membawa keberuntungan bagi sang anak. Biasanya kalau baby boy kita harus menyiapkannya dengan jumlah yang genap, kalau baby girl dengan jumlah yang ganjil.

4. Pesta

Biasanya pesta ini bisa pesta kecil-kecilan atau pesta besar tergantung dari ekonomi keluarga ya moms. Yang penting pesta itu adalah untuk memperkenalkan baby dan ingin berbagi kebahagiaan ke teman, keluarga dan kerabat.

That’s all tentang perayaan 1 bulanan baby. Lihat keseruan perayaan 1 bulanan London dan Luckie di video berikut ini yuk.