Ibu Menyusui

Cara Memberikan ASI yang Benar Melalui Botol Dot

Memberikan ASI ke bayi harus tepat ya moms, karena kalau sampai salah bisa menyebabkan baby kita kolik. Menyusui secara langsung di payudara memang bagus ya moms tapi ada beberapa kasus seorang ibu tidak bisa atau tidak boleh menyusui anak secara langsung di payudara, salah satunya mami.

Salah satu bayi kembar mami bermasalah yaitu Luckie. Luckie sempat masuk NICU jadi dia harus menyusu menggunakan botol, kalau London nggak masuk NICU jadinya dia bisa menyusu langsung ke payudara mami.

Setelah Luckie keluar dari NICU pun dokter menyarankan ke mami untuk memberikan ASI ke Luckie melalui botol karena Luckie pada saat itu berat badannya rendah banget dan harus kejar berat badan biar naiknya cepat dan sesuai standar, makanya ASI diberikan melalui botol biar kita bisa tahu takaran yang diminum per 2 jam sekali berapa banyak. Pada saat itu request dari dokter per 2 jam sekali Luckie dan London harus minum 30 ml ASI.

Selain itu, kondisi fisik Luckie nggak terlalu baik. Nafasnya sesak, grok-grok gitu moms. Maka dari itu Luckie nggak boleh kelelahan. Kalau minum susu langsung ke mami dia lebih capek lagi, makanya kita memberikan ASI melalui botol. Itu lah sebabnya mami mau nggak mau harus memberikan ASI ke baby mami menggunakan botol.

Memberikan ASI menggunakan botol itu ada caranya loh moms agar si Kecil tidak kolik atau tersedak. Berikut mami akan sharing cara memberikan susu ke bayi menggunakan botol.

Cara memberikan ASI melalui botol yang baik dan benar :

1. Angkat kepala bayi lebih tinggi dibandingkan tubuhnya

Posisi ini bertujuan untuk mencegah baby kita tersedak atau menyusu secara berlebihan.

2. Perkenalkan dot botol

Kalau misalnya ini pertama kalinya untuk baby kita, pertama-pertama kita kenalkan dulu dot botol yang anak kita gunakan. Biasanya kita akan dekatkan perlahan-lahan ke mulut baby dari ujung kanan mulutnya. Kita tempelkan dot tersebut secara perlahan menuju ke tengah mulutnya. Setelah sampai di tengah moms boleh mulai masukkan dot nya ke dalam mulut baby.

Ketika dot botol ini sudah masuk ke mulut baby, pastikan jangan masuk ke bawah lidah baby kita. Biasanya kalau di bawah lidah itu tandanya sepertinya mengganjal dan pelekatannya nggak sempurna. Kalau untuk baby yang pertama kali mungkin awalnya akan nolak, tapi moms tenang aja lakukan ini berulang-ulang lama kelamaan anak kita akan mengenal dan beradaptasi ke botol dot.

3. Pilih botol yang tidak membuat baby bingung puting

Pilih botol yang dot nya menyerupai payudara ibu, yang tekstur kelembutan, kelenturan dan gerakan alami seperti payudara ibu sehingga tidak akan membuat baby kita menolak minum susu dari botol dot.

4. Waktu

Memberikan ASI ke baby kita ada waktunya, maksimal 1 sesi itu 30 menit. Kalau sampai sudah lewat 30 menit akhiri sesi menyusui.

5. Sendawakan baby

Ketika sesi menyusui sudah selesai sendawakan baby kita.

6. Sabar

Sabar adalah kunci sukses memberikan ASI melalui botol dot ke baby kita.

Jadi jangan sampai salah lagi ya moms. Kalau salah yang ada baby kita jadi kolik atau tersedak. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.