Ibu Menyusui

Cara Mengatasi Bayi Bingung Puting

Menyusui adalah momen intim antara ibu dan baby. Tapi karena ada beberapa hal seperti si ibu harus kembali bekerja akhirnya ibu harus mulai membiasakan si Kecil menyusu menggunakan botol. Dan yang sering terjadi setelah baby kita sudah di zona nyaman dengan botol dot dia, pada saat kita mau breastfeeding secara langsung baby kita nggak mau alias bingung puting.

Bingung puting adalah keadaan bayi hanya menghisap di ujung puting payudara ibu jadi pelekatannya nggak sempurna makanya baby akan rewel banget ketika dikasih susu, dan menolak disusui secara langsung dari payudara. Dengan bingung puting ini pelekatan baby, kedekatan antara ibu dan anak serta produksi ASI akan berkurang. Lalu bagaimana cara mengatasi bingung puting?

Tips mengatasi bingung puting :

1. Pilih botol dot yang menyerupai puting payudara ibu

Percaya nggak percaya pemilihan botol dot itu penting banget. Kalau sampai salah memilih botol dot otomatis akan membuat baby kita bingung puting. Pilih Botol dot yang bagian dotnya menyerupai puting payudara ibu dari sisi kelenturan hingga gerakan alaminya menyerupai puting payudara ibu sehingga baby kita ketika menyusu dari botol dot dan langsung ke payudara kita tidak akan mengalami bingung puting. Mami sendiri sudah nyari botol susu banyak banget sampai akhirnya mami mendapatkan botol susu yang benar-benar nggak membuat baby kita bingung puting yaitu salah satunya comotomo, dr. brown’s dan pigeon.

2. Skin to skin

Proses skin to skin ini adalah perut baby menyentuh ke perut ibu secara langsung. Jadi kita bisa mempraktekkannya tanpa menggunakan pakaian sama sekali antara baby dan ibu. Momen skin to skin ini akan membuat baby merasa rileks dan nyaman ketika proses menyusui sehingga ini juga bisa mengatasi bingung puting.

3. Susui baby sebelum mereka lapar sekali

Pastikan rutinitas mereka minum susu 3 jam sekali, kita jangan tunggu sampai baby sudah nangis minta susu baru kita susui karena ketika baby sudah rewel dan marah dia nggak akan mau langsung menyusu. Bagi yang bingung puting, awalnya kita kasih susu lewat botol dot dulu dan tunggu sampai baby kita kurang lebih sudah 60% kenyang kita bisa lepas botol dot nya, kemudian kita susui langsung dari payudara kita. Seperti ini nggak akan membuat baby kita rewel atau menolak bahkan bingung puting.

4. Posisi menyusui

Posisi menyusui juga merupakan kesuksesan untuk menyusui baby kita. Kalau posisi menyusui kita nggak nyaman, otomatis baby kita juga nggak nyaman pada saat digendong dan disusui. Akhirnya pelekatan baby dengan payudara kita juga nggak bagus moms. Gunakan bantal menyusui, cari posisi menyusui yang baik untuk moms agar proses menyusui bisa menyenangkan buat si Kecil dan ibu.

5. Tetap tenang

Walaupun masih kecil baby bisa merasakan kecemasan yang dirasakan ibu. Meskipun saat proses menyusui baby rewel pastikan kita nggak panik dan cemas. Kalau kita agak panik jangan langsung diekspresikan ke baby kita, kita tetap tenang, sabar, dan kita coba untuk ulangi perlahan-lahan proses menyusui ini dengan benar.

Itu dia tips dari mami untuk mengatasi bingung puting. Ini pernah terjadi ke mami, si Kembar pernah bingung puting moms karena lewat media botol dot untuk memberikan ASI. Apalagi Luckie juga sempat di NICU dan minum ASI full dari botol dot. Tapi setelah mami melakukan beberapa tips di atas si Kembar sekarang menyusu dari botol dot maupun langsung ke payudara mami mau moms, nggak bingung puting lagi.

Untuk moms yang babynya juga mengalami bingung puting boleh banget dicoba tips dari mami ya untuk mengatasinya. Semoga berhasil!