Kesehatan

Wajib Tahu, Pantangan Setelah Operasi Caesar!

Hampir 90% wanita di Indonesia akan memilih melahirkan dengan cara operasi caesar. Tapi nyatanya operasi sesar nggak segampang yang orang pikirkan. Nyatanya banyak sekali wanita, khususnys di Indonesia setelah melakukan operasi sesar mengeluh sakit bahkan komplikasi pada luka operasi sesar.

Seperti yang mami alami di kelahiran ketiga, mami rasa luka operasi lebih sakit daripada sebelumnya dan lebih berat menurut mami. Kita sebagai wanita tentunya nggak mau dong sampai luka pasca operasi sesar bertambah sakit atau mengalami komplikasi? Nah berikut 8 pantangan yang harus kita hindari pasca operasi sesar agar kita mengalami infeksi atau komplikasi.

8 pantangan pasca operasi sesar

1. Mengangkat barang berat

Setelah kita melakukan operasi sesar, berat yang boleh kita angkat adalah setara berat baby kita. Misalnya berat badan baby kita 3kg pada saat lahir ya kita cuma bisa angkat barang maksimal 3kg jangan sampai kita angkat barang lebih dari 3kg. Karena kalau tetap kita lakukan seperti itu hanya akan melukai bekas operasi sesar kita yang belum kering.

Belum lagi bisa menyebabkan nyeri karena kita memberikan tekanan ke luka operasi kita, dan amit-amit luka pasca operasi sesar kita bisa terbuka kembali. Bahkan moms dengan kita mengangkat barang berat bisa menyebabkan hernia. Hernia adalah penonjolan usus di daerah bekas luka operasi sesar. Ingat ya moms, jangan angkat barang berat pasca operasi sesar. Istirahat dulu minimal 1-2 bulan.

2. Terlalu sering naik turun tangga

Sama halnya dengan mengangkat barang berat, dengan kita naik turun tangga itu hanya akan memberikan tekanan pada luka pasca operasi sesar dan itu mami rasakan. Luka bekas operasi sesar mami yang belum kering itu mami berikan tekanan dengan sering naik turun tangga sehingga kalau tidur itu sakit banget. Selain memberikan tekanan pada luka operasi sesar kita, dapat menyebabkan nyeri, bisa terbukanya kembali luka operasi sesar, juga bisa menyebabkan hernia loh moms. Minimal istirahat dahulu selama 1-2 bulan.

3. Mengonsumsi makanan yang menimbulkan sembelit

Setiap kita habis operasi sesar kita akan mengalami susah BAB. Ini adalah hal yang wajar ya moms. Tapi biasanya dokter akan memberikan obat pelancar BAB. Di hari ke 4 – 7 kita baru mulai BAB. Selama masa pemulihan ini dilarang untuk makan makanan yang memicu sembelit seperti coklat, kopi, teh, soda, pisang, sosis dan daging sapi. Kita jangan terlalu banyak makannya, jangan terlalu sering, kurangi agar tidak menimbulkan sembelit pada usus kita. Sedangkan kita disarankan setelah operasi sesar mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti oat, gandum, nasi merah, pepaya, pir, buah-buahan dan sayur hijau.

4. Terlalu sering berbaring

Jadi banyak ibu-ibu yang selalu berpikir setelah operasi sesar harus tiduran terus di kasur, ternyata ini adalah salah ya mom. Kita harus tetap beraktivitas seperti biasa tapi jangan yang terlalu berat moms. Dengan kita banyak bergerak itu akan mempercepat penyembuhan luka pasca operasi sesar kita.

5. Terlalu sering membuka tutup luka bekas operasi sesar

Setelah kita operasi sesar biasanya luka yang sudah dijahit akan ditutup dengan foam dressing, lalu 5-7 hari kemudian kita akan cek ke dokter. Nah moms di hari 5-7 yang luka kita ditutup foam dressing biasanya akan menimbulkan gatal. Walaupun gatal, jangan pernah membuka tutup foam dressing itu karena bisa menyebabkan bakteri dan kuman masuk ke luka bekas operasi sesar yang belum kering, dan tentunya itu bisa menimbulkan infeksi.

6. Berhubungan intim

Bukan berarti nggak boleh sama sekali ya moms. Tapi kalau kita terlalu dini melakukan hubungan intim itu hanya akan membuat infeksi pada organ intim dan tentunya memperlambat penyembuhan dan pemulihan diri kita pasca operasi sesar. Jadi disarankan kalau mau berhubungan seksual tunggu sampai masa nifas sudah lewat. Apa itu masa nifas? Masa nifas adalah masa pemulihan pasca persalinan hingga seluruh organ reproduksi wanita pulih kembali.

7. Diet ketat

Setelah operasi sesar sangat dilarang melakukan diet ketat. Faktanya kita sebagai wanita setelah operasi sesar diharuskan makan yang banyak, yang bernutrisi, bergizi sehingga dapat membantu mempercepat penyembuhan dan pemulihan diri kita pasca operasi sesar dan tentunya juga berpengaruh ke ASI kita. Kalau kita diet ketat yang ada hanya akan memperlambat penyembuhan diri kita. Kita nggak bertenaga, nggak bersemangat. Belum lagi berpengaruh ke ASI jadi kurang juga.

8. Berenang

Kolam renang itu penuh dengan kuman dan bakteri, jadi saat kita berenang kita hanya akan membuat infeksi pada luka pasca operasi sesar kita. Tahan sampai bekas luka operasi kita benar-benar sembuh dan kering total baru boleh berenang ya moms.

Itulah 8 pantangan yang harus kita hindari pasca operasi sesar agar luka bekas operasi sesar cepat sembuh dan tidak infeksi. Yang perlu kita ketahui kalau sampai bekas luka operasi sesar kita mengalami infeksi atau komplikasi adalah :

  • Akan terus mengeluarkan nanah
  • Nggak kering-kering
  • Merasakan nyeri tubuh yang sangat hebat
  • Keputihan dengan bau yang tidak sedap

Kalau sampai kita menemukan hal seperti itu segera ke dokter terdekat untuk melakukan pengobatan agar tidak terlambat.