Review Produk

Review Berbagai Macam Botol Susu untuk Anak, Manakah yang Terbaik?

Botol susu adalah media pemberian susu kepada anak dan tentunya botol susu jaman sekarang banyak banget merknya dari yang murah sampai mahal, banyak banget macamnya. Yang pastinya setiap botol susu mengiklankan bahwa botol susu mereka adalah yang terbaik dari yang terbaik. Dan pada kesempatan hari ini mami akan mereview botol susu terbaik sepanjang masa yang tentunya anti kolik, anti bingung puting, latch on bagus, mudah dibersihkan dan anti ribet. Yuk simak reviewnya berikut ini.

1. Baby huki

Mami beli botol susu Huki ini dengan harga 33ribu. Botol susu huki mengklaim bahwa dotnya merupakan dot orthodontic yaitu menyerupai puting susu ibu sehingga tidak akan membuat bingung puting, membuat baby kita nyaman saat menghisapnya, dan ini bisa juga mendukung pertumbuhan rahang serta gusi baby.

Setelah mami mencoba botolnya ke Luckie dan London, review dari mami adalah dotnya unik banget, tapi pelekatannya bagus. Dan nggak ada susu yang merembes, kalau untuk gelembung udara masih ada lewat aliran susunya. Untuk botol susunya sendiri unik, warna-warni cuma botol susu huki ini gampang kuning dalam pemakaian cukup lama. Nggak banyak lekukan gampang dibersihkan. Aliran susu seperti aliran susu dari payudara makanya Luckie dan London nggak tersedak sama sekali.

2. Vitaflow

Harga per botolnya adalah 30ribu. Vitaflow ini memiliki ketahanan panas sampai 120 ℃. Luckie 2x sempat nggak mau, tapi ketiga kalinya dia mau tapi yang ada udaranya masuk banyak banget, kalau untuk London 3x mami kasih nolak. Berarti mami bisa ambil kesimpulan bahwa ada beberapa anak mungkin bisa mengalami bingung puting. Vitaflow juga bisa menyebabkan kolik karena ada banyak gelembung udara yang masuk saat minum susu. Kalau untuk botolnya harganya murah dan unik jadi nggak terlalu berat. Aliran susunya cepat banget.

3. Pigeon

Botol susu Pigeon mami beli harganya 71ribu. Mengklaim memiliki teknologi peristaltik nipple yang dapat mendorong gerakan alami lidah baby kita, dotnya ini ultra lembut dan lentur sehingga dapat membuat baby nyaman ketika menghisap susu dari botol. Ini dapat dihangatkan sampai suhu 120 ℃.

Setiap hisapan dari London nggak ada udara masuk, dan nggak bingung puting. Mami cukup surprise karena London dan Luckie langsung mau dengan Pigeon, nggak ada bingung puting sama sekali dan mami perhatiin ketika mereka menghisap hampir nggak ada udara yang masuk sehingga tidak akan mengakibatkan kolik atau kembung.

Buat mami sendiri ini mudah dipegang dan dibersihkan karena nggak banyak lekukan. Luckie mungkin agak sedikit kecapekan minumnya tapi nggak tersedak. Luckie kecapekan karena dia butuh ekstra tenaga lebih untuk menghisap susu agar keluar dari botol dan ini bagus loh moms. Jadi ketika baby kita lagi jeda menghela nafas itu nggak ada aliran susu yang keluar sehingga tidak akan mudah tersedak. Mami juga perhatiin pelekatannya bagus.

4. Avent

Botol Avent ini mami beli dengan harga 89ribu. Jadi botol susu Avent ini mengklaim bahwa tekstur dan fleksibilitas dotnya seperti payudara ibu. Dan desain dotnya lembut didesain semirip mungkin dengan payudara ibu sehingga tidak akan menyebabkan bingung puting. Desain botolnya mudah digenggam, mudah dibersihkan lalu kelenturan dotnya mempermudah latch on pada proses menyusui. Untuk pelekatan mulut ke dot nya bagus ya moms. Nggak ada udara yang masuk.

Luckie langsung mau, London yang awalnya nggak mau jadi mau juga. Jadi untuk kasus bingung puting nggak ada sama sekali. Proses latch on nya bagus dan tidak tersedak sama sekali. Pada saat menyusu mami perhatiin setiap hisapan aliran susu pada baby hampir nggak ada udara yang masuk sehingga tidak akan menyebabkan kolik. Aliran susu yang keluar lambat seperti yang keluar dari payudara. Buat mami harganya pas, desainnya bagus mudah digenggam dan mudah dibersihkan.

5. Sweety

Harga botol susu Sweety ini adalah 82ribu. Uniknya botol sweety di bagian depannya ada karet silikon. Jadi botol sweety ini anti slip karena dilengkapi karet silikon dari atas sampai bawah. Jadi bisa menghindari jatuh saat digenggam. Dan ini materialnya dari kaca jadi botolnya nggak gampang kuning.

Review mami adalah tidak bingung puting walaupun awalnya nolak. Untuk udara mami mendengar ketika London dan Luckie minum ada udara yang masuk dan lumayan banyak. Kemudian kekurangannya yang mami kurang suka ini botol kaca berat walaupun ada anti slip tetap aja ya moms.

Tadi sempat cuci botol Sweety keringnya lama banget even pakai steril. Jadi kalau buru-buru kasih susu ke baby agak terlalu susah buat mami. Kalau misalnya kita nyuci karet silikon otomatis kita lepas, menurut mami ini agak ribet karena susah banget masangnya ke botol. Tapi so far botol susunya unik. Aliran susunya deras jadi bisa ada kemungkinan baby kita tersedak menurut mami.

6. Tommee Tippee

Harga botol ini 80ribu. Botol Tommee Tippee mengklaim bahwa mereka desain botolnya setiap lekukan menyerupai payudara. Lalu ini dilengkapi katup botol yang sensitif sehingga proses menyusui lebih menyenangkan. London dan Luckie sudah cobain minum susu pakai botol ini, London nggak mau sama sekali kalau Luckie langsung mau cuma pada saat minum susu merembes keluar banyak banget dan sempat kayak sesak nafas kayak kecapekan akhirnya tersedak. Banyak gelembung udara yang masuk ke dalam botol susu. Mudah dipegang dan dibersihkan. Aliran susunya cepet.

7. Chicco

Mami beli botolnya dengan harga 150ribu. Botol Chicco ini berasal dari Italia. Uniknya adalah dotnya miring, jadi desain dot miring ini bertujuan agar aliran susu tetap terisi penuh sehingga dapat menghindari baby kita terkena kolik atau menghindari udara masuk dari aliran susu. Dengan dot miring ini juga dapat menjaga leher baby kita dengan baik. Luckie yang sempat nolak akhirnya mau, pada saat dia jeda untuk nafas masih ada gelembung yang masuk tapi sedikit sekali. Kalau London yang susah banget alias bingung puting dia langsung cocok sekali perlekatan langsung mau dan nggak ada susu yang keluar. Desain botolnya lucu, nggak banyak lekukan dan mudah dibersihkan, aliran susu pelan menyerupai payudara ibu.

8. Dr. Brown’s

Harga botol ini 190ribu. Uniknya dari botol ini dia memiliki sistem internal vent yang berfungsi untuk mencegah udara masuk bersamaan ketika susu dihisap oleh baby sehingga tidak akan menyebabkan kolik. Luckie langsung mau sedangkan London awalnya nggak mau tapi akhirnya mau, jadi bisa mengatasi bingung puting. London dan Luckie pada saat menghisap susu hampir tidak ada udara udara yang masuk, tidak menyebabkan kolik, mudah dipegang.

Mami pakai botol susu ini sudah lumayan lama, dan yang jadi masalahnya adalah internal vent nya. Sering sekali internal vent nya susah dibersihkan dan lama kelamaan itu bakal banyak kerak yang tertumpuk dan akhirnya jadi kuning jadi untuk mencucinya menurut mami agak kurang. Lalu aliran susunya lumayan cepat makanya Luckie agak kecapekan tapi untungnya nggak tersedak.

9. Mam

Mami beli botol ini dengan harganya 110ribu. Botol susu Mam punya 2 tutup yaitu bagian atas dan bawah, dot menyerupai puting susu ibu. Penutup di bawah merupakan ventilasi udara yang gunanya untuk memastikan tekanan udara tetap stabil. Luckie pertama kali langsung mau, London untuk yang ketiga kali baru mau tapi kayak terpaksa jadi dia sambil minum tapi ada juga susu yang dikeluarkan. Udara masih ada yang masuk melalui aliran susu. Aliran susunya termasuk cepat jadi kemungkinan baby tersedak ada. Bahan botol susunya gampang kuning padahal lumayan mahal harganya, kalau kita mau cuci ada banyak part yang harus dibuka jadi lebih ribet aja. Botol susu ringan.

10. Mama’s choice

Harga botolnya 189ribu desainnya persis kayak Comotomo ya moms. Bahan botol yang cukup bagus yaitu silicone 100%, food grade dan BPA free dan mengklaim tutupnya ini sangat erat sehingga anti bocor lalu dotnya tidak menyebabkan bingung puting. Kemudian dia memiliki teknologi air vent katup ganda untuk mencegah minum susu sambil menelan udara sehingga tidak menyebabkan kolik. Desainnya besar, nggak banyak lekukan dan mudah dibersihkan.

London yang awalnya nggak mau akhirnya mau Luckie langsung mau jadi nggak menyebabkan bingung puting dari dot botolnya. Cuma London minum setiap hisapan udara yang masuk banyak banget jadi takutnya bisa menyebabkan kolik. Kalau Luckie itu kayak kecapekan sampai tersedak. Aliran susunya nggak terlalu kencang, lumayan. Jadi untuk kasus baby prematur kayak Luckie mungkin kurang cocok makanya tersedak, karena biasanya aman. Harganya lebih murah dari botol yang biasa mami pakai. Mudah dibersihkan. Botolnya mudah dipegang dan anti slip.

11. Putty Atty

Harga botolnya cukup mahal yaitu 300ribu. Memiliki handle sehingga mudah dipegang, mudah dibersihkan, anti retak, anti pecah dan 100% silikon. Uniknya adalah di dalamnya ada seperti internal vent nya.

Setelah mami pakai memberikan susu ke London dan Luckie review dari mami adalah gelembung udaranya sangat banget. Perlekatan antara baby dan botol kurang bagus, nggak bingung puting, mudah dibersihkan dan mudah dipegang. Aliran susunya juga deras.

12. Comotomo

Harga botol Comotomo adalah 280ribu. 100% silicone kemudian dotnya dilengkapi anti kolik ganda yang memastikan baby kita ketika minum susu tidak akan kolik atau cegukan dan bagus untuk baby yang baru belajar untuk megang botol nih karena mudah digenggam. Kemudian bagian mulut botolnya didesain lebar dan tahan panas. London dan Luckie nggak bingung puting, nggak bikin si Kembar tersedak, gelembung udara masih masuk cuma nggak banyak, aliran susu hanya akan keluar ketika baby sedang menghisap. Ketika baby jeda buat nafas nggak akan keluar. Botolnya anti slip. Botol Comotomo ini mudah dibersihkan karena nggak banyak lekukan jadi nggak akan ada kerak.

13. Hegen

Harganya botol Hegen 250ribu dengan ukuran 150ml. Diklaim dotnya seperti puting payudara ibu, anti kolik, mudah dipegang dan mudah dibersihkan. Setelah dicoba oleh London dan Luckie mami ambil kesimpulan bahwa botol Hegen ini bisa mengatasi bingung puting. Nggak ada udara yang masuk sama sekali ketika anak minum susu, desainnya elegan, mudah digenggam dan mudah dibersihkan. Dotnya juga rada miring. Aliran susunya lumayan cepat.

14. Medela

Harga botol Medela ini adalah yang paling mahal dari semua botol yang mami review yaitu 370ribu. Dotnya mami beli terpisah dari botolnya. Medela mengklaim bahwa mereka memiliki teknologi yang mana kalau bayi menghisap dengan benar susu baru akan keluar kalau nggak benar susu nggak akan keluar. Jadi secara nggak langsung dia mengajarkan baby untuk latch on yang benar. Dengan teknologi ini bisa memberikan jeda ke baby untuk ambil nafas sehingga resiko tersedak nggak ada.

Luckie langsung mau nggak bingung puting, London nggak mau sama sekali. Review dari mami setelah mencoba botol Medela ke si Kembar adalah gelembung udara banyak yang masuk, susu merembes keluar banyak banget, Luckie juga minumnya capek. Nyucinya juga ribet banget.

Dari 14 botol yang sudah mami review, botol di bawah harga 50ribu yang paling bagus adalah Huki. Kalau untuk botol harga di antara 50ribu – 100ribu yang paling bagus adalah Avent. Untuk botol susu harga diantara 100ribu – 200ribu yang terbaik Dr. Brown’s. Botol susu terbaik di atas 200ribu adalah Comotomo.

Kalau mami ditanya mau pilih Huki, Avent, Dr. Brown’s atau Comotomo mami akan pilih yang nggak terlalu mahal dan nggak terlalu murah juga jadi mami pilih Comotomo. Itu dia review dari mami semoga bermanfaat buat para moms yang juga sedang mencari botol susu untuk si Kecil.