Uncategorized

Sempet Dibully dan Insecure, Aku Bangkit Kembali!

Insecure ini sudah nggak asing ya moms pastinya. Mungkin ada orang di sekitar kita yang mengalaminya, keluarga kita atau bahkan kita sendiri. Lalu apa sih sebenarnya insecure itu?

Insecure adalah emosi dimana kita menilai diri kita sendiri itu kurang. Kita merasa hati kita kosong dan ingin mengisinya dengan berbagai macam cara. Insecure ini didasari rasa nggak percaya diri yang mengakibatkan kita takut, ragu-ragu dan nggak percaya diri dengan apa yang kita punya. Hampir semua orang mengalami insecure. Even orang yang paling percaya sendiri sekalipun pasti pernah mengalami insecure.

Mami sendiri adalah korban bullying dan pernah insecure dalam jangka waktu yang panjang sehingga akhirnya mami jadi anak durhaka, menyalahkan kenapa mami lahir di keluarga miskin dan hampir mengakhiri hidup sebanyak 2x.

Kok bisa mami merasakan insecure?

Jadi mami ini terlahir di keluarga yang miskin, mau makan susah. Mungkin kalau orang miskin makan nasi sama ayam goreng atau ikan goreng masih bisa seminggu sekali. Kalau mami itu nasi sama garam hampir setiap hari. Nasi sama tempe nikmatnya luar biasa. Nasi sama KFC setahun sekali pas ulang tahun dan itu mami tahu mama mami susah payah mengumpulkan uang untuk beli KFC setahun sekali dan nggak ada perayaan apapun. Mami tinggal di rumah susun 2×9 meter. Lalu baju, sepatu, tas kita dikasih sama orang. Jadi keadaan baju, tas, sepatu itu semua bekas pakai dan kumal.

Mama mami sempat menyekolahkan mami di sekolah negeri nusantara, itu sekolah yang nggak ada belajarnya. Lalu orangtua mami memindahkan mami ke salah satu sekolah swasta dengan tujuan agar hidup mami bisa lebih baik nantinya daripada kedua orangtua mami. Namanya sekolah swasta, otomatis si sekolah tersebut status sosial teman-teman mami lebih tinggi dibanding mami. Dan pada saat sekolah baju semua nggak layak, kumal, sepatu robek siapa yang mau temenan sama mami? Nggak ada, yang ada mami jadi sasaran bullying.

Belum lagi orangtua mami pekerjaannya jualan bakmie dan kue. Pada saat itu mami insecure karena orangtua jualan bakmie dan kue sedangkan teman-teman orangtuanya minimal karyawan di kantor yang berkelas. Mami nggak mau sampai ketahuan pekerjaan orangtua mami seperti itu. Tapi akhirnya terbongkar juga dan lagi-lagi dibully. Sampai teman-teman nggak ada yang suka, dan akhirnya mami nggak punya teman. Dalam kondisi seperti itu mami insecure banget. Mami selalu menyalahkan orangtua dan Tuhan kenapa mami bisa lahir di keluarga yang miskin.

Kenapa kita bisa insecure?

Jadi insecure ini suatu perasaan yang membuat kita menjadi kecil hati dan takut untuk melangkah. Ini adalah masalah besar, karena 1 perasaan kecil ini akan membuat rangkaian masa depan kita hancur. Penyebab insecure adalah :

1. Perbandingan diri

Kita selalu merasa rumput tetangga lebih hijau dari kita. Kita selalu membandingkan diri kita dengan orang lain yang lebih baik dari kita. Inilah yang membuat kita menjadi insecure dan nggak percaya diri. Kenapa kita selalu membandingkan hidup kita dengan orang yang hidupnya lebih baik.

2. Terjebak di masa lalu

Masa lalu yang kurang menyenangkan akan membuat kita terjebak di masa lalu dan sulit untuk berpindah. Dan ini yang membuat kita sering merasa hidup kita nggak berharga dan nggak berarti karena kita punya masa lalu yang nggak menyenangkan.

3. Media sosial

Media sosial bisa menjadi inspirasi tapi bisa juga menjadi tempat untuk iri hati. So, gunakanlah medsos sebaik mungkin.

4. Overthinking

Kita punya banyak waktu untuk memikirkan sesuatu tapi yang jadi masalah kita sering banget memikirkan sesuatu yang negatif bukan yang positif. Padahal percaya nggak percaya ketika kita memikirkan hal yang negatif maka hal negatif pula yang akan terjadi ke kita begitupun sebaliknya.

Dulu mami sempat terjebak di masa lalu dan nggak pernah mau ngomong ini. Jadi, dulu kalau sekolah kan butuh pen dan buku, tapi mami nggak ada uang untuk beli. Jadi waktu itu mami sempat mencuri di Indomaret. Waktu itu mami mencuri pen dan buku untuk sekolah tapi langsung ketahuan. Terus mami dihukum, untungnya pemiliknya kasihan sama mami jadi mami dibebasin.

Dengan kejadian seperti itu, posisi tinggal di rumah susun otomatis gosip mami mencuri itu langsung nyebar kemana-kemana. Dan kebetulan teman-teman sekolah juga kebanyakan tinggal di Tanah Pasir, jadi pasti lebih mudah lagi bagi teman-teman sekolah untuk tahu gosip tersebut.

Lalu bagaimana cara mami akhirnya untuk bangkit?

1. Berhenti dan buktikan

Berhenti membandingkan diri kita dengan diri orang lain karena nggak akan ada habisnya. Harus bersyukur. Setelah berhenti membandingkan, mami coba untuk buktikan. Mami memang dicap sama teman-teman miskin, maling dan nggak pintar. Maka mami harus buktikan bahwa mami bisa lebih baik dari kalian yang membully mami. Awalnya mami memang nggak pintar selalu ranking di bawah, tapi setelah berhenti untuk berpikir negatif dan memulai semuanya dengan pikiran positif, mami akhirnya di SMA selalu ranking 1 dan dapat beasiswa sampai luar negeri.

2. Berdamai dengan diri sendiri

Jangan membenci diri sendiri. Dengan kita berdamai dengan diri kita sendiri kita akan jauh lebih kenal dengan diri kita, apa yang kita mau di hidup kita. Makin kita mengenal diri kita sendiri kita akan cinta dengan diri kita. Setelah kita damai dengan diri kita, kita akan tahu apa sih kelebihan diri kita yang nggak ada di orang lain. Ingat, Tuhan menciptakan manusia berbeda-beda dengan keunikan dan kelebihannya masing-masing. Tuhan nggak jahat, dia adil.

3. Berilah diri sendiri hadiah

Cukup pujian nggak perlu barang mewah. Ketika sudah melakukan sesuatu yang lebih baik dari kemarin pujilah diri sendiri.

Itu lah 3 poin yang membuat hidup mami berubah. So, semangat semuanya. Ingat jangan pernah menjudge diri kita nggak berguna karena kita nggak tahu 10 tahun lagi kita akan menjadi seperti apa. Buktinya ada di mami, mami dari keluarga yang nggak ada apa-apa, bodoh tapi ketika mami usia 20 tahun mami bisa berubah. Mami bisa hidup di atas kaki mami sendiri bahkan mami juga bisa menghidupi orangtua mami. Mami nggak kekurangan, orangtua mami juga berkecukupan.

Kita harus menghargai orang sekeliling kita. Roda terus berputar, kalau kita sedang di atas jangan meremehkan yang di bawah kita. Kalau kita sedang di bawah, nikmati aja. Nah Itu dia tentang insecure, semoga ini menjadi inspirasi untuk semuanya. Semangat!