Motherhood

6 Cara Menjemur Bayi yang Baru Lahir

Menjemur baby yang baru lahir selalu disarankan ya. Dengan menjemur baby di bawah sinar matahari diharapkan baby mendapatkan vitamin D dari sinar matahari yang cukup. Vitamin D tersebut dapat membantu pembentukan tulang baby kita menjadi lebih kuat. Selain itu dengan menjemur baby kita juga dapat menghindari kuning.

Dalam menjemur baby di bawah sinar matahari ini ada beberapa tips yang wajib moms tahu dan praktekkan. Yuk lihat apa saja.

6 tips yang wajib diketahui saat menjemur baby yang tepat

1. Waktu menjemur

Waktu untuk menjemur baby kita di bawah sinar matahari yang bagus di pagi hari jam 7-9 ketika matahari masih terasa lebih hangat dan tidak terlalu terik.

2. Durasi

Untuk menjemur baby di pagi hari itu durasinya singkat aja moms kurang lebih 10-15 menit. Dengan kita menjemur baby terlalu lama, yang namanya baby baru lahir kulitnya masih sensitif terlalu lama yang ada nanti kulitnya akan kemerah-merahan, perih bahkan iritasi dan yang paling parah, menjemur terlalu lama bisa menyebabkan hipertermia. Hipertermia adalah peningkatan suhu tubuh yang drastis sehingga dapat mengganggu metabolisme organ tubuh. Dengan terganggunya metabolisme organ tubuh dapat mengakibatkan berkembangnya melanoma atau kanker lain di usia lanjut.

3. Cara menjemur baby

Menurut American Academy of Pediatrics untuk menjemur baby usia 0-6 bulan jangan langsung di bawah sinar matahari karena itu dapat berdampak buruk pada baby. Jadi pada usia 0-6 bulan cara menjemur yang baik adalah di teras tapi masih tertutup oleh atap atau menjemur baby kita di samping jendela. Jendelanya harus terbuka jangan tertutup oleh kaca, karena sinar ultraviolet yang dibutuhkan untuk memproduksi vitamin D itu nggak bisa menembus kaca.

4. Pakaian

Memang ya moms menjemur baby kita di bawah sinar matahari kebanyakan tujuannya adalah untuk membuat baby kita nggak kuning lagi atau mengurangi jumlah bilirubin dalam tubuh baby. Tapi dengan menjemur baby kita itu nggak perlu sampai membuat baby telanjang. Jadi disarankan kalau kita ingin menjemur baby kita tetap pakaikan pakaian yang tipis dan popok. Biar nggak kedinginan dan juga bisa untuk menghindari resiko terbakarnya kulit baby kita.

5. Posisi menjemur

Posisi menjemur biasanya telentang 10 menit setelah 10 menit kita buat baby tengkurap selama 5 menit. setelah 15 menit ya sudah selesai.

6. Pelindung baby

Saat menjemur baby kita juga harus menggunakan pelindung pada baby, bisa topi atau kacamata ke baby agar mata baby atau wajahnya nggak langsung terpapar oleh sinar matahari. Karena dengan terpapar langsung itu dapat mempengaruhi kondisi retina baby kita.

Itulah 6 tips yang wajib moms ketahui untuk menjemur baby kita dengan tepat, semoga bermanfaat ya.