Motherhood

5 Stimulasi Agar Bayi Bisa Cepat Tengkurap

Mengajarkan baby tengkurap bisa dimulai dari usia 1 bulan. Biasanya baby kita bisa berguling sampai tengkurap sendiri dan mengangkat kepalanya di usia 3-5 bulan. Jadi kalau baby kita masih belum bisa tengkurap jangan pesimis dan beranggapan baby kita terlambat perkembangannya ya moms. Louisse bisa tengkurap sampai angkat kepala di usia 4 bulan, kalau Loewy di usia 3 bulan.

Biasanya posisi tengkurap kalau saat awal-awal untuk baby kita akan merasa nggak nyaman dan rewel karena itu adalah posisi baru untuk dia. Posisi tengkurap memiliki manfaat yang luar biasa, selain bisa membangun kekuatan kepala, leher, lengan dan bahu juga bisa mencegah flat head syndrome, mengurangi rasa sakit di perut baby kita, bisa membangun kekuatan baby kita untuk berguling, duduk, berjalan bahkan berdiri. Penting banget kan menstimulasi tengkurap pada baby sejak dini?

Nah berikut ada tips untuk menstimulasi baby agar cepat tengkurap

1. Waktu/durasi

Kalau misalnya baru pertama kali baby melakukan tengkurap, berikan waktu kurang lebih 1-2 menit, misalnya baby kita sudah mulai rewel dan nggak nyaman segera balikkan ke posisi telentang. Kita ulangi sehari 3x misalnya habis mandi, di siang hari dan di malam hari sampai baby kita nyaman sama posisi tengkurap. Setelah baby mulai nyaman di 1-2 menit kita tambah lagi durasinya, sedikit demi sedikit seiring dengan bertambahnya usia baby kita. Sehingga yang awalnya baby kita nggak nyaman, lama kelamaan baby jadi terbiasa.

2. Playdate

Playdate ini adalah keadaan dimana baby kita bisa tummy time sambil bermain dengan kakaknya. Seperti mami kan punya 2 anak yang sudah besar dan sekarang waktunya untuk si kakak membantu menstimulasi baby kembar agar mau posisi tengkurap dan mengangkat kepalanya. Louisse dan Loewy akan ajak si Kembar main sambil menyemangatinya agar bisa mengangkat kepalanya.

3. Tengkurap sambil menyusui

Ini biasanya kita mulai dari baby usianya 0 bulan juga bisa. Biasa kita tidur lalu tengkurapkan baby di atas dada kita sambil menyusui. Dengan kita membiasakan tengkurap sambil menyusui, nanti di awal pembelajaran posisi tengkurap dia nggak akan rewel dan merasa nggak nyaman.

4. Mainan

Berikan mainan yang lucu, berwarna dan yang bisa mengeluarkan suara tepat di depan baby kita ketika baby tengkurap. Dengan seperti itu juga bisa mengalihkan perhatian baby kita untuk melihat apa yang ada di depan, jadi dia akan mulai belajar untuk mengangkat kepalanya.

5. Sabar

Ini berlaku ke semua ibu ya. Nggak ada proses yang instan, harus perlahan-lahan tapi pasti. Sabar dan berikan reward ke baby kita itu penting.

Nah itu dia beberapa tips untuk menstimulasi agar baby kita bisa cepat tengkurap. Semoga bermanfaat.