Ibu Menyusui

Tips Memilih Pakaian Dalam yang Baik Setelah Lahiran

Setelah persalinan kita nggak bisa langsung pakai pakaian dalam yang kita gunakan pada saat sebelum hamil loh moms. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih pakaian dalam untuk ibu-ibu pasca persalinan yang tepat dan baik agar dapat mensupport ASI kita dan tentunya tidak akan mengakibatkan iritasi, infeksi bahkan keloid di bagian luka operasi sesar kita.

Tips memilih pakaian dalam pasca melahirkan

1. High waisted

Setelah operasi sesar, biasanya luka operasi sesar akan sangat sensitif. Bukan hanya sensitif, tapi disentuh aja rasanya nyeri. Setelah kita operasi sesar ada luka di perut kita, kemudian kita pakai celana dalam yang super ketat sebelum kita hamil maka otomatis akan menekan bagian luka operasi sesar, rasanya itu nggak enak dan sakit. Kalau kita biarkan maka lama kelamaan akan terjadi iritasi, infeksi, bernanah bahkan keloid. Jadi moms, setelah operasi sesar agar lukanya tidak terinfeksi kita dianjurkan untuk menggunakan celana dalam yang tinggi sampai di bagian bawah dada. Itu akan lebih nyaman, tidak akan menekan dan menyentuh luka operasi sesar kita.

2. Carilah celana dalam yang longgar anti sesak

Setelah mami operasi sesar, mami coba pakai celana dalam yang cukup ketat, rasanya sesak banget moms. Saking ketatnya mami nggak nyaman banget. Jadi perutnya itu kan masih bengkak, luka masih baru banget dan itu nggak nyaman banget. Setelah operasi sesar kalian harus cari celana dalam yang longgar, elastis dan anti sesak. Sehingga walaupun kita pakai seharian nggak akan terlalu berasa sesak.

3. Carilah pakaian dalam yang bahannya enak, dan awet

Pakaian dalam yang direkomendasikan adalah yang berbahan katun, itu akan lebih nyaman, nggak bikin gerah karena ada sirkulasi udaranya. Selain itu cari yang bahannya lembut dan bisa awet moms, biar kita nggak boros beli pakaian dalam terus.

4. Carilah pakaian dalam yang bahannya elastis

Elastis di sini maksudnya bisa mengikuti bentuk perut dan payudara kita. Cari yang nggak terlalu menekan karena setelah persalinan akan ada hormon prolaktin yang membuat payudara kita bengkak. Jadi carilah bra yang bisa mengikuti payudara dan nggak menekan sehingga produksi ASI akan lancar dan tidak terhambat. Bagian celana dalam penting banget, harus elastis karena bentuk rahim kita setelah operasi masih bengkak.

5. Carilah bra menyusui

Cari bra menyusui itu penting, carilah bra menyusui yang ada breast pad nya, sirkulasi udara, yang bisa mengikuti payudara, yang bisa dibuka tutup sehingga mudah banget untuk menyusui.

Mami sendiri menggunakan 1 set pakaian dalam dari Mooimom. Mami cukup merekomendasi untuk celana dalam dari Mooimom. Mami sudah menggunakan ini dari mami hamil tapi nggak berubah bentuk, masih awet, elastis, bahannya 95% katun, ada sirkulasi udaranya sehingga mami nggak sesak dan gerah. Ini juga high waisted dan longgar.

Selain itu, pada saat masa nifas darah yang keluar banyak, walaupun kita pakai pembalut sering banget bocor ke celana dalam kan moms. Tapi tenang aja kalau kita pakai celana dalam dari Mooimo gampang banget dibersihin.

Kalau bra Mooimom juga enak bahannya 95% katun, anti gerah, ada sirkulasi udara, tanpa jahitan, nggak ada kawat sama sekali dan mudah banget dibuka tutup. Bagian breast padnya juga bisa diambil nih moms kalau nggak mau dipakai. Dan yang paling penting mami sudah pakai dari hamil sampai menyusui, nyaman, elastis dan nggak rusak walaupun sudah dicuci berkali-kali.

Untuk menghemat uang, kalian bisa pakai pakaian dalam dari Mooimom. Kalian bisa pakai pakaian dalam dari melahirkan sampai menyusui masih bagus, tahan lama dan awet.

Itu dia 5 tips mencari pakaian dalam yang cocok pasca persalinan. Semoga bermanfaat.