Ibu Menyusui

Cara Menghangatkan ASI Perah Agar Kualitas Tetap Terjaga

Menyusui adalah masa yang menyenangkan untuk para ibu di dunia termasuk mami sendiri yang sekarang lagi bertempur untuk mendapatkan ASI yang cukup untuk baby kembar mami. Menyusui, memerah ASI, menyimpan ASI dan menghangatkan ASI adalah rutinitas yang nggak bakal terpisahkan. Nah pada hari ini mami akan sharing bagaimana cara untuk menghangatkan ASI yang benar agar ASI tidak rusak.

Sering sekali ibu di luar sana bahkan mami sendiri salah dalam menghangatkan ASI. Ketika anak pertama, mami pernah hangatkan ASI beku dari freezer pakai air shower panas di kamar mandi langsung biar cepat cair dan taruh di botol susu, dan cara ini salah banget. Bahkan mami juga pernah ASI yang dari freezer mami hangatkan dengan cara taruh di panci, masak dengan air mendidih dan itu juga cara yang salah.

Kalau kita salah dalam menghangatkan ASI yang ada kasihan babynya minum ASI nggak ada manfaatnya, minum ASI yang rusak. Nah maka dari itu mami akan berbagi tips menghangatkan ASI dengan benar berikut ini.

1. Pencairan

Pencairan ini dibagi menjadi 2 metode yaitu pencairan di dalam kulkas dan pencairan di bawah air yang mengalir. Untuk cara pencairan di dalam kulkas caranya mami ambil ASIP yang di freezer lalu taruh di bagian pintu kulkas karena suhunya lebih hangat, diamkan selama 8 jam. Jika tidak segera digunakan, ambil ASI yang ada di pintu kulkas dan taruh ASI ke bagian dalam kulkas karena suhunya lebih dingin sehingga bisa menjaga ASI agar tidak cepat rusak.

Cara di atas itu cukup memakan waktu ya moms, nah sering kali kita lagi buru-buru mau pakai ASI nggak mungkin pakai cara pertama tadi dong? Nah cara kedua ini adalah kita mencairkan ASI beku di bawah air yang mengalir. Air yang mengalir itu suhunya harus lebih dingin dibanding suhu ruangan ya. Aliri ASI sekitar 5-10 menit. Oh iya moms jangan menghangatkan ASI ketika masih ada gumpalan beku, pastikan ASI nya sudah mencair.

Yang perlu diingat, setelah ASI sudah dicairkan kita hanya memiliki waktu maksimal 5 hari sampai ASI harus digunakan. Jangan digunakan lebih dari 5 hari. Lalu biasanya akan ada gumpalan di bagian atas ASI, cara mengatasinya kita tuang ke botol kemudian kita kocok, kalau sudah menyatu itu ASI masih bagus digunakan. Tapi kalau gumpalan tersebut saat dikocok tidak menyatu, sudah berbau bahkan bayi menolak berarti ASI sudah rusak dan tidak bisa dipakai.

2. Menghangatkan

Menghangatkan ini juga ada 2 metode yaitu metode konvensional dan metode warmer bottle. Cara konvensional adalah dengan kita merebus air tapi jangan sampai mendidih. Kemudian pindahkan air panas ke mangkok dan taruh botol susu yang sudah kita isi ASI yang sudah cair. Diamkan kurang lebih 2-3 menit sampai suhu air susu sudah hangat dan siap diberikan ke baby. Kalian juga bisa menggunakan air dari dispenser moms untuk menghangatkan.

Nah itu dia cara untuk menghangatkan ASI beku. Gampang kan caranya moms?

Nah selain cara menghangatkan ASI yang beku dengan benar, mami juga mau berbagi tips penting, yaitu :

  1. Pastikan suhu ASI dalam botol pas dengan cara tuangkan ASI ke tangan kita
  2. Jangan gunakan microwave untuk menghangatkan ASI karena hanya akan memunculkan titik-titik panas di permukaan susu dan bisa membakar mulut baby. Selain itu menghangatkan ASI dengan microwave bisa mematikan sel imun dalam ASI yang bisa melawan penyakit di dalam tubuh
  3. Jangan panaskan ASI dengan air mendidih
  4. ASI yang kita simpan di freezer dan tidak menyatu dengan makanan lain bisa bertahan 6-12 bulan, tapi kalau kita menggunakan kulkas biasa yang menyatu dengan makanan lain seperti daging, es krim itu hanya akan bertahan selama 3 bulan
  5. Tanda ASI basi dengan cara kita lihat kalau sampai ada gumpalan ASI yang di bagian atas lalu kita kocok dan tidak menyatu itu artinya ASI sudah basi, atau kita bisa cium dari baunya. Bisa juga ketika kita kasih ASI nya ke baby dan baby menolak itu artinya ASI sudah basi
  6. ASI yang dari beku lalu dicairkan di kulkas biasa tidak boleh dibekukan kembali karena hanya akan membuat kualitas ASI jadi buruk

Nah itu dia cara menghangatkan ASI yang benar dan beberapa tips penting mengenai cara menghangatkan ASI, jangan sampai salah ya moms.