Fakta-Fakta · Ibu Menyusui

Apakah Ibu Menyusui Boleh Minum Air Es?

Halo para ibu menyusui, mungkin kalian sering banget dengar pertanyaan ibu menyusui boleh nggak sih minum air dingin? Bahkan mama mami sendiri mengatakan kalau lagi menyusui baby jangan minum air dingin atau air es nanti yang ada bisa bikin ASI jadi dingin dan baby minum ASI dingin, itu akan menyebabkan baby kita gampang terkena flu dan pilek. So buat ibu menyusui kalau nggak mau babynya flu atau pilek jangan pernah minum air dingin ini mitos atau fakta sih moms? Jawabannya adalah mitos

Jadi moms menurut laman thehealthsite bahwa sampai hari ini tidak ada penelitian yang mengatakan ibu menyusui tidak boleh minum air dingin atau air es karena bisa menyebabkan flu atau pilek pada baby. Soalnya flu atau pilek itu hanya bisa ditularkan melalui infeksi virus. Flu dan pilek nggak bisa ditularkan melalui ASI.

Untuk busui yang sedang flu atau pilek masih tetap bisa menyusui baby karena pada saat kita flu dan pilek kita memberikan ASI ke baby kita, baby nggak akan tertular. Flu dan pilek bisa ditularkan melalui cairan tubuh. Misalnya kita bersin dan batuk di depan anak saat kita menyusui otomatis cairan itu kena ke baby maka bisa menularkan flu dan pilek ke baby.

Walaupun kita sedang flu atau pilek ASI yang keluar itu akan tetap hangat, ASI memiliki anti body yang sangat bagus untuk melindungi baby dari infeksi atau virus dan tentunya ketika kita flu dan pilek komposisi ASI nggak akan berubah sama sekali.

Mau kita minum air dingin, hangat, panas semuanya itu nggak akan mempengaruhi ASI dan tidak akan mengubah komposisi ASI. Kita boleh makan dan minum apapun, tidak ada larangan untuk ibu menyusui. Tapi ingat ya moms sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Jadi alangkah baiknya kita makan dan minum sewajarnya saja dan tetap harus jaga kesehatan.