MPASI

7 Tanda Utama Bayi Prematur Siap MPASI, Jangan Tunda Karena Usia Koreksi!

Banyak beberapa moms yang nanya ke mami kok si Kembar London Luckie udah mulai MPASI, kan banyak yang bilang bahwa bayi prematur itu harusnya lebih lambat MPASInya dibandingkan bayi cukup bulan. Benar moms, anggapan tersebut memang benar bahwa bayi prematur itu nggak bisa disamakan dengan bayi cukup bulan.

Biasanya untuk pengasuhan, tahap perkembangan, bahkan sampai MPASI itu nggak bisa sama. Dan biasanya bayi prematur itu pertimbangannya dari usia koreksi. Contohnya London dan Luckie lahir di usia 34 minggu, ketika London dan Luckie usia 6 bulan, usia koreksi mereka adalah 4.5 bulan yang artinya 1.5 bulan mendatang lagi London dan Luckie harusnya baru siap MPASI.

Tapi ternyata usia koreksi ini nggak bisa jadi patokan utama dimana kita mempertimbangkan bayi prematur kita siap atau tidaknya MPASI. Berikut adalah tanda bayi prematur siap MPASI :

1. Tidak ada masalah ketika saat menyusui

Jadi Luckie di usia 6 bulan sudah nggak pernah tersedak susu, pencernaan sudah lancar. Otomatis Luckie siap MPASI. Sama halnya dengan London, London menyusu dari lahir sampai usia 6 bulan nggak pernah ada masalah, pencernaan juga oke jadi otomatis siap untuk MPASI.

2. Bayi prematur sudah bisa duduk dengan baik

Jadi dengan bantuan kita, si Kecil sudah mulai bisa duduk dengan baik maka itu bisa menjadi tanda bayi siap MPASI.

3. Bayi prematur kepalanya sudah kuat dan tegak

Kepala mereka sudah kuat dan tegak bahkan sudah bisa menoleh ke kanan dan ke kiri.

4. Bayi prematur sudah tertarik dengan makanan

Kalau kita kasih makanan mereka sudah tertarik maka itu jadi salah satu tanda bayi siap MPASI

5. Bayi suka mengambil barang dan memasukkan ke mulut

Di sini kita bisa melihat kalau bayi kita kasih barang dan sudah mulai tertarik untuk mengambil dan memasukkan ke dalam mulut itu tandanya bayi kita sudah siap untuk MPASI.

6. Ketika diberi makanan mampu memasukkannya ke dalam mulut belakang dan menelan dengan baik

7. Senang ketika diberi MPASI

Nah itu dia tanda utama ketika bayi prematur kita siap diberikan MPASI. Jadi jangan tunda pemberian MPASI pada anak ya, karena pemberian MPASI yang tepat waktu itu bisa memberikan cukup nutrisi dalam tahap perkembangannya moms.