Baby · Growth · Motherhood

Perjalanan Stimulasi Mata Bayi yang Hampir Buta, Akhirnya Bisa Mengenali Wajah Mami

Tanggal 4 mei 2021 mami pergi ke JEC (Jakarta Eye Center) Menteng untuk memeriksakan keadaan mata Luckie. Setelah periksa ternyata hasilnya mata Luckie tidak mengalami Retinopathy of Prematurity (ROP). ROP yaitu kelainan pada mata yang bisa menyebabkan kebutaan pada bayi premature.

Luckie memang tidak mengalami ROP, tapi mata Luckie itu nggak bisa fokus sama objek, dia cuma fokus sama lampu. Setelah mami konsultasi sama dokter, masalah utamanya itu ada di otak. Jadi mata Luckie itu juling dan julingnya ke arah luar. Penyebab dari juling adalah adanya masalah dengan syaraf ke otaknya. Saat di USG kemarin, dokter mengatakan bahwa otak Luckie mengalami pengecilan dan tidak berkembang.

Cara untuk menstimulasi agar Luckie sadar dan fokus saat melihat adalah salah satunya dengan memberikan benda berwarna hitam putih. Kenapa hitam putih? Karena retina mata Luckie itu baru bisa sadar dan fokus terhadap warna hitam dan putih. Selain kedua warna tersebut retina mata Luckie belum mampu menangkap warna lain sama persis seperti bayi baru lahir.

Berbekal pengetahuan dari dokter, mami mencoba untuk menstimulasi mata Luckie. Di hari pertama, mami menstimulasi mata Luckie dengan corak hitam putih dan responnya sangat bagus. Setelah 1 minggu Luckie kembali lagi ke JEC untuk kontrol, setelahnya mami tetap lanjut untuk stimulasi Luckie pakai corak hitam putih, dan perlahan-lahan penglihatan Luckie mulai fokus. Bahkan dari jarak yang cukup jauh dia sudah mulai bisa lihat dengan jelas dan fokus.

Setelah ada kemajuan mami semakin rajin lagi untuk menstimulasi mata Luckie dengan berbagai macam benda berwarna hitam dan putih, dari bola hingga boneka. Saat stimulasi hari ke-12, Luckie sudah mulai fokus banget dan bisa mengikuti ke arah manapun objek yang mami gerakkan.

Di hari ke-13 mami stimulasi Luckie dengan benda berwarna selain hitam dan putih, yaitu merah. Hasilnya Luckie cukup oke banget untuk stimulasi warna merah. Lalu mami lanjut lagi ke warna-warna yang lain sampai Luckie benar-benar bisa fokus untuk menatap berbagai macam benda dan warna.

Nah itu dia perjalanan stimulasi mata Luckie selama ini. Untuk para moms yang sedang berjuang sama seperti mami jangan putus asa dan tetap semangat. Semoga sharing mami kali ini bisa bermanfaat ya untuk kalian semua. See you di next #CurcolYukMoms.