Baby · Kesehatan

10 Cara Efektif Mengeluarkan Dahak Bayi, Jangan Sampai Terlambat!

Kita sebagai orangtua pastinya nggak tega dong ya saat melihat si Kecil batuk berdahak bahkan sampai bernafas pun susah banget. Dan ternyata memang batuk berdahak pada bayi itu nggak bisa dianggap enteng. Karena kalau untuk London yang daya tahan tubuhnya kuat akan sembuh dengan sendirinya tapi berbeda dengan Luckie. Luckie adalah bayi prematur yang terlahir dengan kondisi paru-parunya lemah, yang akhirnya pada saat dia terinfeksi batuk dan flu otomatis kena pneumonia. Bahkan Luckie sempat dirawat di rumah sakit 7 hari 6 malam dan mengalami masa kritis moms karena pneumonia.

Nah dahak ini bisa muncul karena infeksi flu dan pilek. Jika daya tahan tubuh anak kita lemah dahak dapat menyebabkan penumonia, pneumonia bronkitis dan bronkitis. Nah berikut 10 cara untuk mengeluarkan dahak pada bayi bahkan cara ini bisa digunakan untuk kita orang dewasa juga ya moms. Berikut caranya

1. Nebulizer

Karena Luckie harus uap terus setelah didiagnosis ada masalah pada Laringomalasianya, sempat kena bronkopneumonia dan ada asam lambung jadi dia minimal sehari sekali diuap maka dari itu kita selalu sediakan nebulizer di rumah. Mami beli dengan harga 600ribu, kalian juga bisa cari di shopee. Biasa kita uapnya itu 10 menit. Untuk obatnya harus sesuai resep dokter jangan sembarangan.

2. Uap air panas

Cukup siapkan baskom yang berisi air panas, lalu masukkan beberapa tetes minyak kayu putih. Setelah itu kita dekatkan si Kecil ke baskom. Jadi uap air panas ini sama kayak terapi uap yang dapat melegakan saluran pernapasan baby kita, membuka saluran hidung yang tersumbat bahkan bisa mengencerkan dahak. Ini benar-benar efektif banget moms.

3. Menepuk punggung baby

Kita bisa posisikan ke posisi tengkurap, lalu kita tepuk-tepuk punggung baby bagian kiri dan kanan secara bergantian. Lalu kita bisa miringkan posisi baby kita ke kanan dan kiri. Setelah itu kita bisa menepuk dada baby secara perlahan. Biasanya kalau dahak sudah ditenggorokan dengan posisi miring dahak akan keluar dengan sendirinya. Kalau dahaknya sudah encer akan masuk ke saluran pernapasan dan keluar dengan urin dan kotoran.

4. Menghangatkan tubuh baby

Kalau baby susah tidur akan rewel dan nangis terus karena adanya dahak yang ada di tenggorokan dia, apalagi ketika dia sudah makan, itu akan menyebabkan baby kita jadi susah menelan makanan. Salah satu cara untuk mengencerkan dahak adalah menggunakan pakaian hangat lalu kita bisa menghangatkan tubuh baby dengan minyak telon. Dan tetap atur suhu ruangan agar tetap hangat ya moms.

5. Menidurkan bayi kita dengan posisi berbeda

Pada saat Luckie sakit, dahaknya banyak banget karena bronkopneumonia, jadi dia tidur kepalanya lebih tinggi daripada badannya agar saluran napasnya terbuka, sehingga dia bisa lebih lega napasnya. Cara ini bisa kalian lakukan moms. Hindari meletakkan baby kita dengan posisi badan dan kepala sejajar saat tidur. Kalian juga bisa ganti-ganti posisi misalnya telentang, miring ke kanan atau miring ke kiri bahkan kalau baby kita sudah bisa tengkurap, dia juga boleh tidur dengan posisi tengkurap tapi pastikan jangan sampai hidung dia tertutup ya moms.

6. Jemur di bawah sinar matahari

Jadi dengan kita menjemur bayi kita di bawah sinar matahari ini bagus untuk pernapasan dan tulang baby. Jemur di antara jam 8-9 pagi dengan durasi cukup 10 menit saja. Jangan lupa untuk tepuk-tepuk punggung baby kita, maka dahak yang biasanya ada di tenggorokan bisa tertelan dan akan terbuang bersama urin dan kotoran.

7. Minum banyak cairan

Jadi pada saat anak banyak dahak kita memberikan minum banyak cairan itu efektif banget untuk mengencerkan dahak yang ada pada baby kita. Kalau untuk bayi kita berikan lebih banyak ASI, kalau sudah di atas 6 bulan kita bisa berikan air hangat. Kalau anak sudah 1 tahun ke atas kita bisa berikan sup, kaldu ayam hangat-hangat.

8. Gunakan pelembab ruangan

Biasanya dahak muncul karena udara terlalu dingin dan kering sehingga dahak numpuk di bagian saluran pernapasan anak. Dengan menggunakan pelembab udara atau humidifier bisa melembabkan ruangan kita sehingga bisa melegakan pernapasan anak kita dan mengencerkan dahak.

9. Gunakan essential oil

Kalau mami sendiri biasanya menggunakan Young Living untuk meredakan dahak dan batuk pilek anak. Biasanya ini bisa kalian oles ke badan anak sedikit aja atau bisa juga dengan teteskan essential oil ke humidifier lalu kita nyalakan humidifiernya.

10. Menggunakan penyedot khusus

Ini berdasarkan pengalaman mami, pada saat Luckie banyak dahak, di rumah sakit Luckie per 3 jam sekali pasti di nebulizer lalu disedot dahaknya dari hidung dan mulut. Kalau mau melakukan ini di rumah, ada alat khusus yang terbuat dari karet kalian bisa cari di tokopedia atau shopee, cuma mami sendiri tetap menyarankan kalau nyedot kayak gitu agak berbahaya. Karena pada saat disedot saturasi oksigen anak akan turun, jadi saran dari mami kalau kalian ingin menyedot dahak langsung ke rumah sakit aja dengan ahlinya jangan dilakukan di rumah.

Nah itu dia 10 cara mengangkat dahak yang bisa dilakukan, kalian sering melakukan cara yang mana nih moms?