Baby · Kesehatan

Biaya Pengobatan Luckie untuk Perawatan Penyakit Bronkopneumonia

Hari ini mami akan sharing tentang biaya yang mami habiskan untuk perawatan Luckie di rumah sakit Bunda Menteng. Jadi untuk teman-teman yang belum tahu, Luckie adalah bayi prematur yang saat usia 3 bulan jalan 4 bulan sempat terkena bronkopneumonia dan menghabiskan 7 hari 6 malam di rumah sakit Bunda Menteng.

Mami sendiri sempat dibantu oleh tim di rumah sakit Bunda Menteng yang cukup koperatif dan profesional, yaitu dr. Markus Mualim untuk spesialis anak dan dr. Luh Karunia Wahyuni untuk rehab medic nya.

Luckie masuk ke rumah sakit tanggal 17 April 2021, dia langsung masuk emergency dengan dr. Markus. Pada saat diperiksa dokter langsung menyarankan untuk langsung dirawat dan harus langsung dipasang selang oksigen. Luckie sempat cek darah dan hasilnya Luckie mengalami infeksi virus dan sel darah putih sempat mengalami penurunan. Luckie juga sempat dicek urinnya hasilnya urinnya normal. Kemudian Luckie juga sempat dicek bagian feses atau BAB, hasilnya rata-rata normal kecuali terdapat bakteri di dalam tubuh Luckie.

Jadi ini adalah rincian biaya yang dihabiskan di rumah sakit Bunda Menteng, semoga ini bisa jadi gambaran untuk teman-teman yang mungkin aja sedang mempersiapkan biaya pengobatan.

  1. Kebetulan mami ambil untuk kelas I Deluxe Anak per malamnya Rp. 1.452.000 dari tanggal 18 April – 23 April totalnya Rp. 8.712.000.
  2. Kemudian ada biaya visit per dokter yaitu dokter jaga, dokter Markus dan dokter Luh, total dari 18 April – 23 April adalah Rp. 3.402.000.
  3. Kemudian ada biaya laboratorium untuk cek urin, feses, darah, swab dan lain sebagainya dari tanggal 17-19 April Rp. 4. 163.500.
  4. Biaya pemakaian peralatan seperti inhalansi, infus dll itu menghabiskan Rp. 7.053.000.
  5. Lalu ada biaya tindakan visit, terapi dan segala macam dari tanggal 17-23 April menghabiskan Rp. 13.015.000.
  6. Ada biaya obat yang dipakai selama Luckie dirawat dari 18-23 April, totalnya adalah Rp. 5.823.318.
  7. Lalu ada biaya pemakaian obat ruangan seperti sarung tangan, selang oksigen dan lani-lain seharga Rp. 3.011.799.
  8. Ada juga biaya treatment RAC sebesar Rp. 1.442.400.
  9. Total semuanya kita menghabiskan Rp. 46.718.017.

Nah itu dia rincian selama Luckie dirawat dari 17 April sampai 23 April. Jadi Luckie sempat dicek parunya dan hasilnya paru-paru Luckie itu ada putih-putihnya. Putih-putih tersebut yaitu lendir yang sudah mengeras sehingga membuat Luckie sesak napas. Di tanggal 18 April sekitar jam 9 pagi Luckie juga sempat mengalami masa kritis, saturasi oksigennya turun sampai 74. Lalu hasil dari USG paru-parunya itu Luckie didiagnosis mengalami Bronkopneumonia Bilateral.

Luckie sering bengong berkali-kali, ditakutkan bronkopneumonia ini memberikan efek pada otak Luckie maka dilakukan USG otak dan hasilnya adalah Atrofi Serebri yang mana otaknya Luckie mengecil dan nggak berkembang. Sehingga dokter bilang kemungkinan Luckie bisa tumbuh menjadi anak yang bodoh atau pertumbuhannya itu nggak normal seperti anak pada umumnya, tapi itu bisa diperbaiki dengan berbagai macam stimulasi serta makan makanan yang kaya akan nutrisi dan protein saat mulai MPASI.

Inilah semua biaya untuk perawatan Luckie dengan diagnosis Bronkopneumonia, semoga bermanfaat.