Review Produk

Review Berbagai Macam Sikat Pencuci Botol Bayi, Manakah yang Paling Awet?

Hai semuanya ketemu lagi di sesi #CurcolYukMoms. Hari ini mami akan review sikat botol terbaik sepanjang masa versi mami. Jadi mami sudah ada 15 sikat botol yang terbaik dari yang terbaik yang mami pilih. Jadi dari 15 sikat botol ini mami bagi jadi 3 bagian, yang pertama bagian sikat botol seharga 10ribu – 50ribu, bagian kedua harga 50rb – 100rb, dan yang terakhir kelompok harga 100rb – 250rb. Langsung aja yuk simak review mami berikut ini.

Kategori harga 10rb – 50rb

1. Cussons Baby

Mami beli dengan harga 29rb, desain dari sikat botol Cussons Baby ini mudah dilipat sehingga mudah dibawa kemana-mana, mempunyai 2 sikat yaitu sikat botol dan sikat dot, serta bisa digantung.

Hasil review mami adalah sikat botolnya susah menyesuaikan dengan botol, nggak bisa sampai ke bawah botol bagian dalam, untuk sikat dotnya longgar sehingga tidak dapat menyikat dengan sempurna. Setelah disikat dengan sikat botol Cussons Baby botol susu mami licin banget, nggak bisa bersih. Buat mami bahannya juga kurang, jadi di bagian pegangan sikat ini rentan untuk patah, sikatnya juga gampang rontok.

2. Baby Safe

Harganya 48ribu, ada 2 sikat yaitu sikat botol dan sikat dot. Baby Safe ini mengklaim bahwa sudah food grade silicone dan BPA free, sikatnya lembut sehingga tidak akan menimbulkan goresan di botol serta bisa berputar 360º.

Review mami adalah masih licin alias kurang bersih, kalau untuk sikatnya memang ke segala sisi tapi di bagian bawah botol kurang kena jadi nggak bersih.

3. Huki

Mami beli dengan harga 24rb, dapat 2 sikat yaitu sikat botol dan sikat dot. Sikat botol Huki ini di bagian ujungnya ada spons, sikatnya terbuat dari nilon dan bisa berputar.

Review mami adalah enak untuk menyikat botol tapi area sikat tidak merata pada botol, sikat dotnya bersih. Cuma kalau botolnya masih licin dan kurang bersih, bulu sikat mudah sekali rontok.

4. Ikea

Sikat botol Ikea ini mami beli dengan harga 19rb, sikat ini asal Swedia dan cuma 1 sikat aja ya moms, didesain ramping dan gagang panjang, sikatnya menggunakan plastik poliamida sehingga tidak akan membuat goresan pada botol.

Review produk adalah memang gagangnya panjang cuma yang jadi kendala adalah butuh ekstra tenaga untuk membersihkan, untuk bagian dot juga kurang kena otomatis bakal kurang bersih. Hasilnya setelah kita selesai mencuci itu botol dan dot masih licin kurang bersih. Tapi so far gagangnya panjang jadi enak.

5. Babymoov

Mami beli dengan harga 49rb. Klaim dair produk adalah 2 in 1 dan mempunyai sikat yang lembut banget.

Review mami adalah botol yang sudah mami cuci itu keset banget bersih, cuma yang jadi masalah adalah butuh ekstra tenaga untuk membersihkan, lalu bagian sikat dotnya kena semua, tapi bulu sikatnya mudah rusak, pada sata nyuci juga nggak enak banget soalnya sabunnya nyiprat kemana-mana.

Kategori harga 50rb – 100rb

1. Pigeon

Mami beli harga 94rb, memiliki 2 way spons brush, spons lembut, memiliki gagang kuat dan bisa berputar.

Review mami adalah gerakan memutarnya oke banget, botolnya cukup bersih, cuma di bagian dotnya nggak bisa dibersihkan dengan spons, spons juga cepat rusak.

2. Tommee Tippee

Harganya 65rb, sikatnya 2 in 1, sikat terbuat dari nilon, serta anti selip.

Review dari mami adalah botolnya bersih banget ya moms, sikatnya juga nyaman digunakan, nyucinya enak karena untuk sikat botol dan dotnya bisa mencuci dengan bersih banget.

3. Avent

Harganya 85rb, sikatnya 2 in 1, desain sikat melengkung, sikatnya juga halus dan ada tempat penyimpanan juga.

Reviewnya adalah pegangannya sedikit licin, sikat bisa membersihkan seluruh sisi botol, bagian untuk mencuci dotnya juga bisa bersih banget. Buat mami sikat botol Avent ini oke banget ya.

4. Chicco

Sikat botol Chicco ini mami beli dengan harga 85rb, sikat 2 in 1, desain sikat depannya aja, sikat halus, bisa digantung.

Review mami adalah bersih banget untuk mencuci botol dan dotnya, sikatnya nyaman digunakan juga moms.

5. Dr. Brown’s

Harganya 85rb, ada dudukan sikatnya untuk menyimpan sikat, anti selip, sikatnya lembut dan 2 in 1.

Reviewnya adalah masih licin, nggak keset bahkan masih ada bercak susu di botolnya moms, lalu pada saat digunakan kurang nyaman, nggak bisa menyikat dengan bersih seluruh bagian botol, kalau untuk bagian dotnya kena semuanya.

6. Medela

Sikat botol ini mami beli dengan harga 100rb, bulu sikatnya bergelombang 180º, ujungnya berbentuk spiral untuk membersihkan dot, ada stand untuk sikat.

Review mami adalah bersih banget botolnya, sikatnya bisa membersihkan ke segala sisi, sikatnya juga ringan banget, pada saat kita pakai di dotnya juga kena semua dan bersih banget. Tapi masalahnya bulunya setelah digunakan akan bergelombang, jadi mudah rusak.

7. Nuby

Harganya 93rb. Nuby mengklaim bahwa ia memiliki sikat yang sangat lembut, mudah digenggam dan ada sikat dotnya.

Reviewnya adalah sikatnya halus banget sehingga nggak bikin botol lecet, saat mencuci enak banget dan mudah digenggam, sikat bisa membersihkan di segala sisi, lalu setelah dicuci dengan sikat Nuby botol susu dan dotnya bersih banget. Lalu karena bulu sikatnya terbuat dari karet jadi nggak gampang rusak.

Kategori harga 100rb – 250rb

1. OXO

Mami beli dengan harga 249rb, sikatnya memiliki tempat sehingga bisa kita bawa untuk traveling, sikatnya halus.

Review dari mami adalah bersih banget untuk mencuci botol susu, nggak ada bercak susu, sikatnya juga nggak mudah rusak, bisa membersihkan ke segala arah. Kekurangannya adalah sikat di bagian dot ini kurang maksimal untuk membersihkan dot.

2. MAM

Harganya adalah 118rb, sikatnya bisa digantung, bahan dari sikatnya adalah karet jadi nggak mudah rontok.

Reviewnya adalah susah untuk membersihkan botol, tidak membersihkan ke segala arah, tidak bisa membersihkan dot juga. Jadi hasilnya botolnya masih licin nggak bersih bahkan masih ada bercak susunya.

3. Hegen

Ini mami beli dengan harga 159rb, 2 in 1 bottle brush, BPA free dan anti bau.

Review mami adalah dapat menyikat ke seluruh sisi botol jadi botolnya bersih begitupun dotnya ya moms, juga bersih. Cuma harganya lumayan.

Nah itu adalah review ke-15 sikat botol terbaik dari yang terbaik, untuk kategori 10rb – 50rb yang terbaik jatuh kepada Babymoov karena bersih untuk mencuci botolnya kekurangannya hanya pada sikatnya yang cepat banget mengembang alias rusak. Kategori 50rb – 100rb yang terbaik adalah Tommee Tippee karena bersih banget untuk mencuci botol dan dot, selain itu pegangannya cuma nyaman banget. Dan yang terakhir dari kategori 100rb – 150rb yang terbaik adalah OXO. Mami sendiri sudah pakai bertahun-tahun, sikatnya nggak rusak-rusak, bahkan tempat untuk menaruh sikatnya juga dilengkapi dengan tempat untuk menaruh botol, the best banget.

Untuk mami pribadi, kalau kita mau pakai sikat botol yang bisa bertahan untuk waktu lama mami rekomendasiin pakai OXO karena memang awet banget, mami sudah merasakannya sendiri. Kalau kalian suka pakai sikat botol yang mana nih moms?