Baby · Motherhood

6 Cara Merawat Kulit Bayi Baru Lahir Agar Terhindar dari Eczema

Halo semuanya kembali lagi di sesi #CurcolYukMoms. Merawat kulit bayi yang baru lahir itu penting loh moms, karena sering kali kita meremehkan soal ini dan yang ada kulit baby kita sudah alergi, eksim dan lain sebagainya. Berikut adalah 6 cara merawat kulit bayi yang baru lahir versi mami.

6 cara merawat kulit bayi baru lahir

1. Jangan terlalu sering mandi

Jadi moms, ketika baby masih berada di dalam rahim kita dia terlindungi oleh cairan yang bernama cairan vernix. Cairan Vernix ini adalah cairan yang menyelimuti baby di dalam rahim kita sehingga baby terlindungi. Tapi sayangnya setelah baby kita sudah lahir, cairan ini sudah nggak ada sehingga membuat kulit baby kita gampang banget terkelupas dan kering.

Sering banget kita pikir bahwa solusi kulit baby yang terkelupas dan kering adalah mandi. Ternyata solusi ini adalah salah, terlalu sering memandikan baby kita malah membuat cairan minyak yang melindungi kulit baby lama-lama hilang dan itu yang membuat baby, terutama baby baru lahir rentan terkena infeksi, iritasi, ruam-ruam dan eksim.

Jadi, anjuran memandikan baby yang baru lahir adalah seminggu 2-3 kali, karena pada dasarnya baby yang baru lahir kan nggak terlalu kotor ya moms. Cara menyiasatinya jika moms merasa risih kalau baby nggak mandi sama sekali dalam sehari, moms bisa lap baby menggunakan washlap yang sudah dibasahi.

Selain itu, ketika kita memandikan baby kita jangan memandikan dengan sabun batangan dan jangan juga merendam baby kita di air yang bersabun. Untuk mulut dan kelamin kita bisa bersihkan menggunakan air bersih. Oh iya moms, gunakan sabun yang tidak mengandung wewangian, tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan usahakan untuk menggunakan sabun yang organik.

Mami sendiri menggunakan sabun dari Buds Super Soothing Hydrating Cleanser. Sabun ini memang diformulasikan untuk baby yang baru lahir dan memiliki jenis kulit yang sensitif, sehingga iritasi, ruam-ruam, merah-merah dan eksim tidak terjadi ke baby mami selama ini terutama untuk baby newborn.

2. Merawat kulit kepala

Baby baru lahir di bagian kepalanya biasanya ada kulit kepalanya yang terkelupas seperti ketombe. Biasanya ada kondisi yang parah, dimana kondisi kulit kepala baby ada pengerasan kulit seperti sisik, berwarna kuning dan tebal.

Kondisi ini nggak perlu dikhawatirkan ya moms, biasanya kondisi kulit kepala seperti ini akan berangsur-angsur hilang dalam beberapa bulan kemudian dan kita bisa merawat kulit kepala baby kita dengan menggunakan sampo yang organic. Kita gunakan sampo sambil pijat-pijat bagian kepala baby agar sisik-sisiknya terkelupas. Jangan lupa setelah mandi sisir rambut baby, agar sisik yang menempel di rambut baby bisa jatuh.

Kalau mami sendiri menggunakan Buds Super Soothing Hydrating Cleanser. Nah Buds Super Shooting Hydrating Cleanser ini adalah sabun yang bisa digunakan sebagai sampo juga untuk baby moms, 2 in 1. Aman banget.

3. Jaga kelembapan kulit baby

Menjaga kelembapan kulit baby kita itu penting banget, agar kulit baby kita tetap lembab, lembut dan tidak kering. Karena ingat ya moms, ruam-ruam atau merah-merah bahkan eksim itu tanda awalnya adalah kulit kering. Dengan kulit kering pada baby, pasti dia nggak nyaman dan garuk-garuk. Nah kulit yang kering dan digaruk terus lama kelamaan akan merah, ada infeksi, akhirnya eksim.

Mami menggunakan skincare untuk menjaga kelembapan kulit baby dengan Buds Organic Calming Rub Cream. Biasanya mami gunakan ini di bagian perut baby untuk mengatasi kembung. Lalu mami menggunakan Buds Save Our Skin Lotion untuk muka, tangan dan kaki biar nggak kering. Ini memang dikhususkan untuk baby dengan kulit sensitif. Bahkan kalau sudah ada gejala muncul eksim, kita bisa mengatasinya dengan Buds Save Our Skin Lotion.

4. Cegah ruam pada popok

Untuk mencegah ruam popok pada baby, kita bisa gunakan cara segera mengganti popok baby kita ketika sudah basah atau ada BAB nya. Dan selalu gunakan krim untuk bagian pantatnya apalagi lipatan pahanya. Mami sendiri selalu menggunakan krim Buds Nappy Time Change Cream. Ini bagus banget moms.

5. Lindungi bayi dari paparan sinar matahari secara langsung

Menjemur baby sangat bagus karena dapat memenuhi vitamin D pada baby kita, tapi menjemur baby jangan langsung terkena paparan sinar matahari. Kita bisa menjemur baby kita di sebelah jendela, gordennya dibuka atau di teras tapi masih ada atap yang menutupi jadi nggak langsung terkena matahari.

6. Pilih detergen yang baik untuk pakaian baby

Mami sendiri menggunakan detergen Buds, ini terbuat dari bahan yang organic, tidak mengandung wangi dan bahan kimia. Ini memang dikhususkan untuk baby newborn yang memiliki jenis kulit sensitif sehingga dapat menghindari infeksi dan iritasi.

Detergen ini sangat berpengaruh ya moms karena ketika kita menggunakan detergen yang nggak bagus, mengandung bahan kimia berbahaya, saat bajunya dipakai oleh baby kita apalagi baby baru lahir itu memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah nanti akan berpengaruh ke kulit baby.

Nah itu adalah 6 cara untuk merawat kulit baby baru lahir untuk menghindari eksim. Kalau sampai baby sudah terlanjur mengalami infeksi, ruam-ruam bahkan eksim minimal dengan kita melakukan cara di atas, kita bisa meminimalisir infeksi, iritasi dan ruam yang dirasakan baby kita. Ingat ya moms, merawat kulit baby kita terutama baby baru lahir membutuhkan ketelatenan dan kehati-hatian. Jangan sampai salah pilih moms.