Covid 19 · Ibu Menyusui

Sempat Terkena Covid19 dan Menyusui Kembar Apakah Aman? Tips Menyusui Saat Positif Covid19

Hai moms kembali lagi sama mami di sesi #CurcolYukMoms. Kemaren ini mami sempat terinfeksi Covid19 sekeluarga, yaitu mami, daddy, cece dan uwi. Jadi yang pertama kali terinfeksi adalah suami mami, dia tiba-tiba panas dingin mami kira cuma demam biasa, jadi mami merawat suami selama 1 hari tanpa masker. Karena kita mikir nggak mungkin banget suami kena Covid19, secara kita sekeluarga selama 2 bulan full #dirumahaja nggak kemana-mana. 4 hari setelah suami positif, mami juga terinfeksi Covid19.

Pertama-tama, yang mami rasakan 1 hari setelah terinfeksi mami masih seperti biasa aja, aktivitas masih normal. Di hari kedua suara mulai serak, tapi mami pikir seharusnya itu bukan masalah karena selama ini mami selalu stimulasi si Kembar dengan nyanyi selama 1 jam untuk masing-masing anak, non stop setiap hari. Belum lagi harus ngonten.

Di hari ketiga ketika sore hari, mami mulai batuk kering. Pas anak sedang berenang, tiba-tiba 1 badan kayak pegal semua apalagi tangan dan kaki, lemas. Setelah mompa ASI rasanya mami ingin tiduran lagi aja. Habis itu mami coba untuk olahraga dan tes antigen. Sebenarnya tes antigen ini sejak hari pertama suami positif sampai hari ke-3 pada malam harinya, masih negatif. Nah tapi pada saat malam hari di hari ketiga itu sekitar jam 9, panas mami itu sampai 38º. Tapi tetap, mami masih berpikir bahwa itu cuma sakit biasa karena kecapekan ditambah kan suami sakit, sempat kepikiran juga kan.

Di hari kelima mami tes antigen lagi dan hasilnya positif. Mami langsung mengurung diri di kamar lantai 4 dan PCR dan hasilnya positif 20.38 CT nya. Yang mami rasakan di hari pertama positif Covid19, batuknya mulai berdahak, panasnya 38º-39º terus nggak turun-turun sampai malam. Hari kedua tenggorokan mami sakit banget, nggak bisa nelan, panasnya 39º-40º, ditambah diare. Tapi diarenya di malam hari udah mulai hilang, cuma batuknya terus menerus.

Di hari ketiga positif Covid19 dahak mami keluar darah, sulit menelannya sudah lebih mendingan ya moms, diare sudah nggak, badan juga lebih fit dari kemaren. Di hari keempat mami positif Covid19 yang mami rasakan kepala sakit banget, tidurnya enak, di pagi harinya sudah segar, batuknya sudah mendingan, menelannya sudah enak banget.

Kemudian 3 hari setelahnya Louisse dan Loewy terinfeksi Covid19. Jadi di hari kelima mami positif Covid19, Louisse dan Loewy positif Covid19 juga. Setelah dites hasil CT Louisse 14, yang dirasakan Louisse adalah badannya panas, pusing, muntah, batuk dan bersin-bersin. Kalau Loewy positif dengan CT 37, dan tinggal 2 poin sekian sudah sembuh, nggak ada demam dan lain-lain. Di hari kelima ini mami sudah lebih segar lagi batuk sudah hampir nggak ada.

Sempat mami kepikiran, menyusui baby kita saat kita sendiri sedang positif Covid19 itu aman nggak? Di 2 hari awal positif itu langsung drop dan mami nggak menyusui sama sekali, alhasil ASI mami seret banget padahal stok ASI untuk si Kembar udah menipis. Akhirnya mami konsultasi dengan salah satu doker di Singapura, mami disarankan untuk tetap memberikan ASI tapi ada aturannya nggak boleh sembarangan.

Aturan memberikan ASI saat positif Covid19

  1. Sering mencuci tangan pakai sabun di bawah air mengalir, dan selalu bawa alkohol ketika keluar kamar isolasi
  2. Mandi yang bersih agar badan steril dari virus/bakteri
  3. Gunakan baju bersih setelah mandi, jangan gunakan baju yang telah dipakai tidur
  4. Gunakan masker 2 lapis
  5. Jangan terlalu lama bersama baby
  6. Jangan mencium baby
  7. Setelah menggunakan ruangan menyusui semprot dengan alkohol agar steril kembali
  8. Kalau untuk memompa susu, juga sama aja ya moms. Sebelum peralatan memompa digunakan semprot peralatan tersebut dengan alkohol agar steril

Nah itu dia aturan dalam memberikan ASI ketika kita sedang positif Covid19 moms. Jadi nggak ada salahnya kita tetap memberikan ASI pada baby karena ASI adalah perlindungan utama untuk bayi kita agar imunnya lebih kuat dan lebih kebal, dan itu sudah terbukti pada mami, setelah 3 minggu mami terinfeksi Covid19 mami tetap menyusui si Kembar dan alhasil mereka sama sekali tidak terinfeksi Covid19 dan sehat. Tapi kalau sampai gejala yang kita alami sangat parah, lebih baik stop dulu ya moms, kalau gejalanya sudah ringan baru kita mulai menyusui baby kita lagi.