Baby · Kesehatan

Cara Membersihkan Kerak Kepala atau Cradle Cap Ketombe pada Bayi Baru Lahir

Pernah nggak sih moms kalian melihat baby yang baru lahir di kulit kepalanya banyak kayak ketombe yang bisa terkelupas? Nah ini yang mami alami di ke-4 baby mami. Kasus yang sekarang ini si Kembar sedang mengalami kerak kepala seperti ketombe. Luckie mengalami kerak kepala yang berketombe ini lebih lama nih moms. Biasanya ketombe ini ditandai dengan adanya lapisan kerak-kerak yang ada di bagian kulit kepala baby, berwarna putih kekuning-kuningan, ada lapisan yang terkelupas dan bisa kita ambil nih moms. Kondisi ini disebut dengan cradle cap atau dermatitis seboroik.

Cradle cap adalah ketombe yang biasa muncul di orang dewasa atau bahkan di anak-anak hingga baby. Kok bisa baby baru lahir mengalami cradle cap?

Apa penyebab cradle cap?

1. Disebabkan oleh hormon ibu yang memproduksi minyak berlebih pada jaringan kulit bayi, sehingga membuat kelenjar minyak bayi mengeluarkan sebum yang akhirnya sebum ini menjadi kerak kepala mengelupas seperti ketombe.

2. Disebabkan oleh ragi seperti jamur (malassezia). Jamur ini bisa tumbuh di sebum bersama bakteri yang akhirnya menyebabkan adanya kerak di kepala.

3. Udara yang ekstrim, stres serta alergi susu sapi

Cradle cap pada bayi baru lahir atau baby berumur 0-12 bulan yang biasanya masih bisa mengalami cradle cap ini akan hilang dengan sendirinya, jadi nggak perlu khawatir. Tapi moms namanya seorang ibu pasti kita risih kan moms melihat kulit kepala bayi kita ada keraknya apalagi sampai kuning, banyak dan baby juga terganggu. Tentunya kita mau membersihkan agar kerak di kulit kepala baby kita cepat hilang.

Nah mami ada beberapa cara untuk membersihkan cradle cap yang benar dan jangan dipaksa, karena kalau sampai salah dan dipaksa bisa mengakibatkan infeksi yang cukup serius.

Cara membersihkan cradle cap

1. Gunakan baby oil

Mami sendiri menggunakan Buds Everday Organics – Infant Massage Oil. Biasanya mami akan oleskan secara perlahan di kerak kepala baby, dipijat-pijat jangan dikelupas secara paksa nanti bisa mengakibatkan infeksi. Setelah sudah selesai diamkan 15 menit lalu basuh dengan sampo. Basuh dengan menggunakan sampo yang organik agar nggak membuat baby kita makin parah karena ini kulit sensitif moms.

2. Gunakan minyak zaitun atau minyak almond

Minyak zaitun, minyak kelapa atau minyak almond selain bisa mengangkat kerak kepala baby kita, juga bisa menutrisi kulit kepala baby agar tidak mudah kering.

3. Jangan mengelupas kerak kepala baby secara paksa

Ingat ya moms, kita jangan pernah mengelupas kerak kepala secara paksa, biarkan kerak kepala pada baby kita mengelupas dengan sendirinya. Karena ketika kita mengelupas secara paksa, kulit baby kita masih dalam pertumbuhan, luka sekecil apapun bisa menjadi infeksi yang fatal, jadi jangan pernah dengan paksa mengelupas kulit kepala baby kita.

4. Sikat dengan sisir yang lembut

Sisir kerak kepala bayi hanya dengan satu arah menggunakan sisir yang lembut. Lakukan setelah mandi dan ulangi terus menerus maka kerak kepala akan bersih total.

5. Gunakan krim khusus hypoallergenic

Mami merekomendasikan Buds Super Soothing Rescue Lotion, karena sempat pakai dan keraknya langsung keangkat semua moms, kerak kepala Luckie udah bersih banget. Setelah mengoleskan krim ke kepala bayi diamkan semalaman.

Nah moms itu dia cara membersihkan cradle cap yang baik dan benar semoga bermanfaat.