Motherhood

4 Tips Beri Pengertian pada Anak agar Mau Sekolah

Sekolah merupakan bentuk pendidikan formal yang wajib dipenuhi oleh si kecil agar proses perkembangannya berjalan optimal. Namun, karena beragam alasan, seringnya si kecil malah mogok atau malas sekolah. Kalau sudah begini, orang tua pasti yang repot, ya, Moms.

Jika si kecil mogok sekolah, Mami punya tipsnya, nih, agar ia mau kembali ke sekolah. Simak, ya, Moms, tips dari Mami.

4 Tips Beri Pengertian pada Anak agar Mau Sekolah

1. Sekolah Bisa Membuka Pikiran Anak (Open Minded)

Moms bisa katakan kepada si kecil kalau dengan sekolah ia bisa jadi lebih pintar. Wawasan dia tentang dunia pun akan lebih terbuka dan luas. Sebab, di sekolah ia akan belajar tentang banyak hal yang menarik.

2. Mengasah Kemampuan Sosial

Katakan kepada anak kalau dengan bersekolah ia akan punya banyak teman. Coba bayangkan, kalau di rumah saja, apakah ia bakal punya teman? Teman-temannya pun lebih beragam, mulai dari karakternya, latar belakang sosial, budaya, bahkan kondisi ekonomi. Dan ini tentunya bermanfaat untuk mengasah kemampuan sosial anak agar ke depannya ia bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

3. Di Sekolah Anak Bisa Menyalurkan Kemampuan

Kalau si kecil suka aktivitas fisik seperti main bola, katakan kepadanya kalau di sekolah ia bisa menyalurkan hobi bermain bola saat jam pelajaran olahraga tiba atau di jam istirahat dengan menggunakan lapangan yang ada di sekolah. Selain itu, ada juga teman-teman sepantaran yang tentunya asyik jika diajak bermain bola bersama.

4. Bisa Mengembangkan Potensinya

Segala macam potensi anak bisa diasah ketika ia sekolah. Contoh sederhananya yaitu anak jadi bisa menulis, menggambar, mewarnai, dan membaca.

Moms, itulah 4 tips atau cara memberi pengertian kepada anak agar ia tidak lagi malas sekolah. Semoga bermanfaat, ya, tipsnya.