Fakta-Fakta

Jumlah Tulang Bayi Lebih Banyak dari Orang Dewasa

Moms, tahu enggak, sih, kalau ternyata jumlah tulang bayi itu lebih banyak daripada orang dewasa? Ini menjadi salah satu fakta menarik yang perlu diketahui, nih.

Seperti yang kita ketahui, tulang berperan untuk membentuk kerangka tengkorak kita. Fungsinya untuk membantu kita berjalan, bergerak, serta melindungi organ-organ vital di dalam tubuh.

Melansir dari laman kesehatan Healthline, bayi baru lahir memiliki sekitar 300 tulang, dan tulang-tulang itu akan tumbuh dan berubah bentuk setiap hari. Bahkan jumlah tulang bayi baru lahir hingga mencapai 370.

Lantas, berapa jumlah tulang orang dewasa? Faktanya, jumlah orang dewasa yaitu 206, yang membentuk sekitar 15 persen dari berat badan.

Jadi, nih, Mom, saat bayi baru lahir, biasanya kalau kita pegang kepala mereka pasti lunak, itu karena bagian tulang tengkorak di kepalanya masih terdiri dari tulang-tulang yang terpisah. Namun, seiring pertumbuhan mereka, tulang yang terpisah itu akan melekat atau menyatu satu sama lain hingga menjadi kerangka tengkorak yang sangat kuat.

Itulah mengapa jumlah tulang bayi yang tadinya berkisar 300an saat lahir menjadi hanya 206 tulang saat dewasa. Sebab, sebagian besar tulang rawan saat masih bayi akan digantikan dengan tulang yang sebenarnya.

Itulah Moms fakta menarik soal tulang bayi yang jumlahnya lebih banyak daripada tulang orang dewasa. Moms bisa bagikan informasi ini kepada kerabat agar mereka pun tahu.