Covid 19

Waspada Varian Omicron Mengganas, Kenali Gejala dan Pencegahannya!

Hingga saat ini pandemi Covid-19 masih menghantui hampir seluruh umat di dunia. Terlebih muncul varian baru, yakni Omicron.

World Health Organization (WHO) atau Badan Kesehatan Dunia telah memperingatkan jika varian Covid-19 Omicron akan menyebar lebih jauh dan cepat dibandingkan dengan varian sebelumnya.

Di Indonesia sendiri pun kasusnya sudah banyak ditemukan, khususnya di ibu kota Jakarta. Mengutip dari laman CNBC Indonesia, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban menjelaskan jika sebagian besar kasusnya itu dari Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) atau imported case. Walau demikian, ada pula yang berasal dari transmisi lokal.

Nah, agar Moms lebih waspada terhadap varian Covid-19 Omicron, yuk, kenali apa saja gejalanya.

Gejala Covid-19 Omicron

Melansir dari situs NBC News, Dr. Katherine Poehling, spesialis penyakit menular dan ahli vaksin di Atrium Health Wake Forest Baptist di North Carolina, berikut ini adalah gejala-gejala yang kerap dialami pasien Omicron:

  • Batuk
  • Kelelahan
  • Hidung tersumbat dan pilek
  • Sakit tenggorokan
  • Sakit kepala

“Kami sering melihat pasien (yang terpapar Omicron) mengalami sakit tenggorokan, pilek, kelelahan, dan sakit kepala ringan,” kata Dr. Rahul Sharma, kepala dokter darurat di NewYork-Presbyterian/Weill Cornell Medical Center.

Akan tetapi, berbeda dengan varian Delta, sejauh ini pasien yang terpapar varian Omicron diketahui tidak mengalami kehilangan indra perasa atau penciuman. Pun tidak ada penurunan besar dalam kadar oksigen.

Hati-Hati Penyebaran Varian Omicron Lebih Mudah!

Gejala Omicron mungkin lebih ringan daripada varian sebelumnya. Namun, tetap saja harus diwaspadai. Sebab, penularan atau penyebaran Omicron justru lebih cepat.

Melansir dari situs resmi Centers for Disease Control and Prevention (CDC), varian Omicron kemungkinan akan menyebar lebih mudah daripada virus Covid-19 asli. CDC mengatakan, siapa pun yang terinfeksi Omicron dapat menyebarakan virus tersebut kepada orang lain, meski mereka telah vaksinasi ataupun tidak memiliki gejala.

Bagaimana Mencegah Paparan Varian Covid-19 Omicron?

Tentu saja Moms harus patuhi protokol kesehatan. Seperti memakai masker, menjauhi kerumunan, rajin cuci tangan menggunakan sabun atau setidaknya hand sanitizer.

Tak luput, lakukan vaksinasi. Apalagi saat ini sudah ada vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster.

Menurut CDC, saat ini vaksinasi diharapkan dapat melindungi seseorang terhadap gejala yang parah, rawat inap, hingga kematian. Kemunculan Omicron baru-baru ini semakin menekankan pentingnya vaksinasi dan booster.

Yuk, Mom, lindungi diri dan keluarga dari Covid-19 Omicron dengan selalu terapkan protokol kesehatan serta vaksinasi. Semoga kita sehat selalu, ya.