Motherhood

3 Tips Membantu Mengatasi Anak Pemalu di Sekolah

Saat baru masuk sekolah, wajar saja jika si kecil menjadi sosok yang pemalu. Sebab, mereka butuh kenyamanan agar bisa berkomunikasi dan bersosialisasi secara lancar dengan teman-teman maupun guru-guru yang ada di sekolah.

Terkadang proses sosialisasi itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sebagai orang tua, Moms bisa juga, nih, membantu si kecil agar lebih lancar bersosialisasi sehingga ia tidak lagi menjadi anak pemalu di sekolah.

Melansir laman Rhodesschools.org, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Moms untuk bantu mengatasi anak pemalu berpartisipasi dengan teman-teman di sekolahnya.

1. Konsultasikan dengan Guru di Sekolah

Guru adalah orang yang lebih banyak berkomunikasi dan mengamati tingkah anak kita di sekolah. Moms bisa ngobrol bersama guru anak di sekolah, membandingkan perilaku anak di rumah dengan di sekolah untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang mengapa si kecil menjadi anak pemalu di sekolah.

2. Libatkan Anak dalam Kegiatan Sekolah

Cara ini membuat si kecil jadi lebih sering bersosialisasi dengan lingkungan sekolahnya, sehingga kelak ia tidak lagi jadi anak yang pemalu.

3. Mendengarkan Keluh Kesah Anak Mengapa Ia Pemalu Saat di Sekolah

Setelah mendengar keluh kesah si kecil, Moms bisa cari solusi bersama si kecil agar ia tumbuh menjadi anak yang lebih mudah bersosialisasi.

Itulah 3 cara yang bisa Moms lakukan untuk bantu mengatasi anak pemalu di sekolah. Semoga tips ini bisa membantu.