Fakta-Fakta

8 Jenis Anak Kembar yang Ada di Dunia, Moms Sudah Tahu?

Selama ini mungkin kita hanya mengenal kembar identik dan kembar beda jenis kelamin. Namun tahukah Moms, ternyata masih ada jenis anak kembar lainnya, lo.

Beragam jenis anak kembar ini pun terbilang unik dan tidak biasa. Apa saja, ya?

8 Jenis Anak Kembar yang Jarang Diketahui

1. Kembar Siam

Anak kembar siam adalah kelipatan monozigot yang tidak sepenuhnya terpisah satu sama lain karena pembagian ovum yang dibuahi tidak lengkap. Hal ini membuat individu akan terhubung pada titik-titik tertentu dari tubuh dan dapat berbagi jaringan, organ, atau anggota tubuh.

2. Kembar Superfekundasi

Menggambarkan situasi sel telur dibuahi oleh sperma dari hubungan seksual terpisah, atau artinya kembar dengan ayah yang berbeda.

3. Kembar Superfetasi

Jenis anak kembar ini cukup langka, Moms. Superfetasi adalah pembentukan janin di dalam rahim ketika janin lain sudah ada di dalam rahim lebih dulu. Atau bisa dikatakan bumil yang hamil lagi dalam waktu bersamaan.

4. Kembar Parasit

Jenis kembar ini mengacu pada kembar siam yang berkembang secara asimetris, sehingga salah satu kembarannya tidak berkembang secara normal. Kembarannya yang tidak berkembang normal ini akan sering bergantung pada kembarannya yang lebih kuat dan besar.

5. Kembar Identik Beda Jenis Kelamin

Merupakan sepasang anak kembar yang satu berjenis kelamin laki-laki, sementara yang lain berjenis kelamin perempuan.

6. Kembar Cermin

Bagaikan refleksi cermin, setelah lahir, anak kembar ini akan memiliki hal yang berlawanan. Misalnya satu anak akan kidal dan satu yang lainnya bisa menggunakan tangan kanan seperti biasa.

7. Kembar Beda Ras

Biasanya anak kembar ini menyesuaikan dengan ras kedua orang tuanya. Misalnya, perbedaan warna kulit, bentuk mata, hingga warna rambut.

8. Kembar Ulang Tahun Berbeda

Biasanya persalinan dilakukan pada malam hari, sehingga anak kembar ini memiliki hari lahir yang berbeda. Ada juga, lo, Moms yang beda bulan, bahkan beda tahun!

Itulah 8 jenis anak kembar yang ada di dunia. Unik, ya, Moms?