Motherhood

5 Pertimbangan Memilih Car Seat Anak, Moms Wajib Tahu!

Saat Moms punya anak dan sering bepergian menggunakan mobil, jangan sampai lupa membeli car seat. Nyatanya car seat bukan sekadar akseseori, lo, Moms, melainkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk melindungi si kecil saat berkendara.

Car seat telah terbukti bisa melindungi si kecil apabila terjadi kecelakaan saat berkendara. Apabila terjadi tabrakan atau tiba-tiba saja mobil berhenti secara mendadak, penggunaan car seat bayi bisa mencegah anak terkena benturan atau terpelanting.

Lantaran fungsinya untuk melindungi anak, Moms tentu saja tidak boleh sembarang dalam memilih car seat. Ada sejumlah tips atau pedoman yang perlu Moms perhatikan. Apa sajakah itu?

Melansir dari laman KidsHealth, inilah 5 hal yang perlu diperhatikan saat membeli car seat anak.

  1. Pilih car seat dengan label yang menyatakan memenuhi standar keselamatan kendaraan.
  2. Apabila Moms membeli car seat bekas, periksalah kualitasnya dengan hati-hati. Jangan membeli car seat yang sudah dipakai lebih dari 6 tahun atau yang pernah mengalami kecelakaan meskipun bentuknya terlihat masih bagus.
  3. Hindari membeli car seat yang tidak lengkap atau ada bagian yang hilang. Selain itu, cek lebih dulu apakah car seat tersebut memiliki label tanggal pembuatan dan nomor model atau tidak.
  4. Periksa kapan ‘tanggal kedaluwarsa’ yang direkomendasikan pabrik. Jika ragu mengenai kualitas car seat yang akan dibeli atau jika ada keretakan dan menunjukkan tanda-tanda keausan, maka lebih baik tidak memilihnya.
  5. Saat membeli car seat pastikan ada kartu registrasi produk. Maka ketika produk itu sudah tidak layak pakai bisa diberi tahu untuk ditarik oleh pabrik.

Itulah Moms 5 pertimbangan saat memilih atau membeli car seat untuk anak. Pilih yang kualitasnya baik dan tentu saja sesuai budget, ya.