Baby

5 Tanda Bayi Merasa Stres, Moms Sudah Tahu Belum?

Mungkin tidak mudah untuk mengidentifikasi atau memahami saat bayi merasa stres. Meskipun bayi tidak dapat mengungkapkan secara verbal apa yang mereka alami, tetapi perubahan perilaku mereka dapat menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah.

Melansir dari laman Momjunction, inilah 5 tanda bayi merasa stres yang wajib Moms tahu!

1. Nangis Terus-menerus

Menangis bisa menjadi salah satu reaksi pertama dan paling umum dari bayi yang stres. Ini adalah sinyal bagi Moms bahwa mereka tidak merasa baik. Bayi yang merasa stres bisa menangis lebih sering dari biasanya. Jika buah hati Moms menangis tak terkendali, Moms patut mencari tahu apa penyebabnya.

2. Perubahan Kebiasaan Tidur

Stres dapat mengganggu kebiasaan tidur bayi. Mereka mungkin akan lebih sering terjaga dari biasanya dan sering menangis pula.

3. Bayi Menghindari Kontak Mata

Bayi mencoba menghindari kontak mata saat merasa stres. Jika pandangan bayi sebelumnya normal, tetapi sekarang mereka menghindari menatap mata Moms, mereka mungkin stres. Dalam beberapa kasus, kurangnya kontak mata dapat mengindikasikan gangguan spektrum autisme atau gangguan penglihatan.

4. Perubahan Kebiasaan Makan

Stres dapat mengganggu kebiasaan makan bayi. Beberapa mungkin cenderung makan berlebihan, sementara yang lain mungkin mengalami kurang nafsu makan. Stres juga dapat menyebabkan masalah pencernaan pada bayi, misalnya sembelit.

5. Rewel

Selain akan lebih sering menangis, bayi yang merasa stres pun cenderung rewel. Misalnya, merasa tidak nyaman jika berada di sebuah tempat atau lingkungan yang baru. bahkan sekalipun jika ia ada di lingkungan yang sudah dikenalinya.

Itulah 5 tanda bayi merasa stres. Buah hati Moms pernah menunjukkan gejala-gejala itu tidak?