Pregnancy

Bikin Gak Nyaman! Yuk, Cari Tahu Penyebab Nyeri Bokong Saat Hamil

Nyeri bokong termasuk salah satu keluhan yang sering dialami ibu hamil. Kondisi ini tentu saja membuat kita jadi tidak nyaman.

Mengutip dari laman theAsianparent Indonesia, ibu hamil semestinya tidak anggap sepele kondisi nyeri bokong. Sebab, ini bisa jadi mengidentifikasikan pada suatu gangguan kesehatan.

Kalau begitu, kira-kira faktor apa saja yang menyebabkan nyeri bokong saat hamil? Berikut ini penjelasannya, Moms.

1. Wasir

Wasir merupakan kondisi di mana pembuluh darah vena di sekitar anus meradang dan membengkak. Ibu hamil akan lebih sering mengalami wasir karena rahim menciptakan tekanan ekstra pada anus dan dubur.

2. Kontraksi atau Kram

Beberapa ibu hamil kerap mengeluhkan kram perut serta kram punggung, dan kondisi ini pun dapat menjalar ke pantat.

Kontraksi palsu atau Braxton-Hicks dapat menyebabkan ketidaknyamanan, tetapi biasanya tidak menyakitkan. Apabila kontraksi menyebabkan nyeri berlebih pada bokong, harus segera hubungi dokter, ya, Moms.

3. Nyeri Panggul

Ternyata kondisi ini memengaruhi 1 dari 5 ibu hamil, lo, Moms. Penyebabnya yaitu karena berat badan bayi yang bertambah dan munculnya gerakan janin di area panggul.

Nah, nyeri panggul ini akhirnya meluas ke bagian pantat. Gejala yang dirasakan itu adanya rasa sakit yang terpusat pada satu titik, hingga rasa sakit yang semakin parah jika muncul gerakan.

Itulah Moms 3 penyebab nyeri panggul yang sering dialami ibu hamil. Apabila Moms mengalaminya dan merasa cukup tidak nyaman, jangan ragu untuk konsultasikan ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.