Baby

Pantau Pertumbuhan si Kecil dengan Rajin Mengukur LILA

LILA merupakan singkatan dari lingkar lengan atas, dan menjadi salah satu indikator untuk memantau pertumbuhan anak. Biasanya tenaga medis melakukan pengukuran LILA anak secara berkala.

Kalau Moms sendiri sudah tahu belum, nih, alasan mengapa pengukuran LILA anak itu perlu dilakukan? Mengutip dari laman theAsianparent Indonesia, inilah sederet alasannya.

1. Bisa Jadi Indikator Status Gizi Anak

Merupakan cara sederhana yang mudah dilakukan untuk mengindikasi status gizi anak. Dalam ilmu kedokteran yang disebut antropometri, tolak ukur status gizi kesehatan anak juga dapat dilihat dari usia, berat badan, panjang atau tinggi badan, indeks massa tubuh, hingga tebal lipatan kulit.

Nah, LILA ini menggambarkan cadangan lemak secara keseluruhan dalam tubuh anak. Dengan melakukan pengukuran yang tepat membuat pihak medis dapat mengetahui kondisi gizi si kecil melalui lemak tubuhnya.

2. Gambarkan Kondisi Energi dan Protein dalam Tubuh

Pengukuran LILA juga dapat menunjukkan kondisi energi dan protein yang dimiliki anak. Dengan mengetahui ukuran lingkar lengan atas, pihak medis bisa mengetahui apakah si kecil mengalami kurang energi dan protein atau tidak.

Di samping itu, pengukuran LILA pun menjadi deteksi dini yang mudah dilakukan untuk mencegah adanya kondisi kekurangan energi dan protein pada anak. Dengan begitu Moms dan pihak medis bisa melakukan tindak pencegahan terhadap beberapa penyakit anak yang disebabkan oleh kekurangan gizi.

Jadi Moms jangan lupa melakukan pengukuran LILA anak, ya. Coba konsultasikan juga dengan dokter atau pakar.