Motherhood

5 Sifat Anak Kedua, Moms Sudah Tahu Belum?

Ada yang bilang kalau anak kedua itu punya sifat pemberontak? Hmm, kira-kira benar enggak, ya, Moms?

Terkait hal ini, berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Child Development, urutan kelahiran anak ternyata berpengaruh juga terhadap pembentukan sifat atau kepribadiannya.

Maka dari itu, enggak heran Moms kalau buah hati di rumah, baik itu anak pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya, memiliki kepribadian yang berbeda-beda.

Namun selain urutan kelahiran, tentu saja masih ada faktor lain yang memengaruhi kepribadian si kecil. Seperti pola asuh orang tua dan lingkungan sekitar.

Untuk anak kedua, Moms penasaran enggak, nih, kira-kira bagaimana penggambaran sifat mereka?

Kepribadian atau Sifat Anak Kedua

  1. Anak yang penyabar, khususnya pada anak yang memiliki adik. Sebab, setelah memiliki adik, mereka bisa melatih kesabarannya.
  2. Cerdas dan terampil. Melansir dari laman Psychology Today, anak kedua merupakan sosok negosiator yang sangat baik, cerdas, dan terampil. Pun lebih mau berkompromi dalam banyak hal, sehingga cenderung pandai dalam berdebat.
  3. Setia dan romantis. Anak kedua cenderung cocok dengan semua orang, sehingga membuatnya setia kepada teman, pasangan, dan mitra kerjanya kelak.
  4. Mudah beradaptasi.
  5. Pemberontak. Ternyata anak kedua cenderung lebih pemberontak dibandingkan dengan anak yang lahir di urutan pertama atau setelahnya.

Kira-kira gambaran sifat anak kedua ini sesuai enggak, nih, sama buah hati Moms di rumah?