Pregnancy

Bikin Tak Nyaman, Kenali Penyebab Nyeri Kaki Saat Hamil

Banyak perempuan yang mengeluhkan nyeri kaki saat hamil, dan kondisi ini tentu saja membuat kita tidak nyaman, ya, Moms. Selain itu, beragam aktivitas pun jadi terhambat.

Meski demikian, keluhan nyeri kaki saat hamil itu termasuk normal, kok, Moms. Pun biasanya akan hilang sendiri, terutama ketika kita bisa mendapat istirahat yang cukup. Atau Moms juga bisa melakukan relaksasi kaki.

Lantas sebenarnya apa, sih, penyebab nyeri kaki saat hamil? Melansir dari laman Momjunction, inilah beragam penyebab nyeri kaki yang sering dialami Bumil.

  • Pertambahan berat badan.
  • Tekanan kaki depan yang meningkat, terutama menjelang trimester ketiga.
  • Hormon relaksin dikenal untuk mengendurkan otot dan ligamen. Oleh karena itu, dapat menyebabkan peradangan dan nyeri pada kaki.
  • Gerakan terbatas dan kurang olahraga menjelang akhir kehamilan dapat memengaruhi aliran darah di kaki, mengakibatkan edema (kaki bengkak) dan nyeri
  • Aliran darah yang terhambat ke dan dari bagian bawah kaki karena janin yang tumbuh, menyebabkan nyeri kaki.

Nah, sekarang Moms sudah tahu, kan, apa saja penyebab nyeri kaki saat hamil. Jika sedang mengalami kondisi ini, coba bikin tubuh Moms lebih relaks. Moms bisa ke tempat khusus relaksasi atau sekadar istirahat di rumah.