Baby

Tanda Bayi Cukup ASI, Moms Sudah Tahu?

Menyusui menjadi salah satu tugas ibu setelah melahirkan. Moms pastinya senang, dong, ketika bisa lancar menyusui sehingga si kecil pun mendapat asupan ASI yang cukup.

Kira-kira, Moms sudah tahu belum, nih, apa tanda jika si kecil mendapat asupan ASI yang cukup? Kalau Moms belum tahu, yuk, simak penjelasan ini.

Melansir dari laman Momjunction, inilah 5 tanda bayi cukup ASI.

1. Penambahan Berat Badan

Tanda pertama bayi cukup ASI yaitu ia akan mengalami kenaikan berat badan dan perkembangan yang pesat seiring bertambahnya usia.

2. Pertumbuhan Bayi Lebih Cepat

Bayi yang menerima nutrisi cukup menunjukkan lonjakan pertumbuhan secara signifikan. Pertumbuhan awal terjadi dalam tujuh hingga sepuluh hari kehidupan, selanjutnya dalam tiga hingga enam minggu pertama.

3. Bayi Tidur Nyenyak Saat Malam Hari

Kebanyakan bayi sering terbangun karena lapar. Sementara bayi yang menyusu dengan baik lebih mungkin untuk tidur sepanjang malam.

4. Popok Lebih Cepat Penuh

“Seberapa sering popok bayi baru lahir penuh?” Pertanyaan ini agaknya sering dilemparkan oleh para ibu baru. Meskipun memang bervariasi untuk setiap bayi, tetapi rata-rata popok bayi akan diganti sekitar 6 kali atau bahkan lebih per harinya.

5. Warna Kotoran

Saat bayi mulai mencerna ASI, warna kotorannya menjadi lebih terang, dan konsistensinya encer.

Itulah Moms 5 tanda bayi cukup ASI. Dari informasi yang sudah dijelaskan tadi, apakah si kecil juga menunjukkan tanda-tanda tersebut?