Kesehatan

Pasien Positif Omicron Bisa Isoman di Rumah, Ini Syaratnya!

COVID-19 varian Omicron sedang merebak di Indonesia saat ini. Mayoritas penularannya berasal dari Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) atau imported case. Walau demikian, ada pula yang berasal dari transmisi lokal.

Untuk pasien terkonfirmasi Omicron ternyata bisa melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah. Namun, tidak semua pasien Omicron bisa melakukannya. Sebab, ada sejumlah syarat yang harus diperhatikan.

Mengutip dari laman Sehat Negriku Kemenkes Indonesia, sebelumnya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengeluarkan Surat Edaran tentang Pencegahan dan Pengendalian Kasus COVID-19 Varian Omicron yang ditetapkan pada 30 Desember 2021.

Di dalamnya terdapat ketentuan yang menyatakan jika seluruh kasus konfirmasi varian Omicron harus melakukan isolasi di rumah sakit yang menyelenggarakan pelayanan COVID-19.

Akan tetapi, setelah mempertimbangkan banyak hal dan seiring dengan perkembangan kasus COVID-19, dibutuhkan penyesuaian kebijakan upaya penanganan kasus COVID-19 varian Omicron dengan menerbitkan surat edaran baru.

“Ketentuan pencegahan dan pengendalian COVID-19 sekarang mengacu pada surat edaran yang baru, salah satunya tentang isolasi mandiri,” kata Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes dr. Siti Nadia Tarmidzi di Jakarta, Kamis (20/1), mengutip dari laman Sehat Negriku Kemenkes Indonesia.

Dalam surat edaran baru ditetapkan bahwa pasien konfirmasi COVID-19 tanpa gejala dan gejala ringan dapat melakukan isolasi mandiri jika memenuhi syarat klinis dan syarat rumah.

Adapun syarat klinis yaitu:

  1. Pasien berusia di bawah 45 tahun
  2. Tidak memiliki komorbid
  3. Dapat mengakses telemedicine atau layanan kesehatan lainnya
  4. Berkomitmen untuk tetap isolasi sebelum benar-benar diizinkan keluar

Di sisi lain, rumah tempat isolasi mandiri pun harus memenuhi syarat, di antaranya:

  1. Memiliki kamar terpisah untuk pasien Omicron tempati, lebih baik lagi jika lantai terpisah
  2. Terdapat kamar mandi terpisah di dalam rumah untuk pasien Omicron dan anggota keluarga di rumah yang lainnya
  3. Dapat mengakses pulse oksimeter

Apabila tidak memenuhi syarat klinis dan syarat rumah, pasien yang terpapar Omicron harus melakukan isolasi di fasilitas kesehatan yang telah ditentukan. Selama isolasi pasien harus berada di bawah pengawasan Puskesmas atau Satgas COVID-19 setempat.

Itulah Moms informasi terbaru terkait isolasi mandiri pasien yang positif COVID-19 varian Omicron. Semoga kita sehat selalu.