Motherhood

Anak Suka Bicara Sendiri? Apa, ya, Penyebabnya?

Moms pernah enggak, sih, melihat si kecil sedang bicara sendiri? Kalau Mami pernah, nih. Hal itu pun membuat Mami penasaran kenapa, ya, anak-anak suka bicara sendiri? Apakah kondisi ini normal?

Nah, Moms, berdasarkan penjelasan seorang psikolog dari Toronto yang bernama Ester Cole, kondisi anak sering bicara sendiri itu normal, lo. Bahkan termasuk salah satu fase tumbuh kembangnya.

“Anak-anak menjelajahi dunia dan melatih bahasa, seperti halnya mereka belajar berjalan,” kata Ester Cole.

“Ini adalah permainan peran mereka. Mereka mengeksplorasi hubungan dan mereka juga membimbing diri mereka sendiri ketika sedang melakukan hal-hal tertentu,” lanjut Ester Cole menjelaskan.

Mungkin saja nantinya Moms akan melihat si kecil sedang berbicara sendiri sembari mengenakan sepatu, lalu terlihat asyik menceritakan pengalaman yang mereka alami ketika sedang berada di stroller, atau bahkan seakan curhat ke boneka sebelum beranjak tidur.

“Bisa jadi juga hal itu karena mereka meniru sesuatu yang dikatakan oleh orang tua atau pengasuh kepadanya,” jelas psikolog Ester Cole, mengutip dari laman Today’s Parent.

Jadi Moms jangan bingung, ya, kalau anak suka bicara sendiri, karena ini memang termasuk fase tumbuh kembang yang dilaluinya.