Baby

Seberapa Sering Bayi Buang Air Besar Setiap Harinya?

Karakteristik buang air besar (BAB) merupakan salah satu indikator kesehatan bayi. Termasuk juga frekuensi BAB bayi. Oleh karena itu, Moms jangan sampai tidak memperhatikannya.

Terkait frekuensi BAB bayi setiap hari, sebenarnya tidak ada patokan khusus. Namun, untuk bayi yang baru lahir dan mengonsumsi ASI, biasanya ia akan lebih sering BAB. Bahkan ada pula yang selesai menyusui ia akan BAB. Biasanya 8-10 kali BAB setiap hari di minggu pertama kelahirannya.

Sementara ketika usia bayi sudah memasuki minggu kedua, ia akan lebih jarang BAB dibandingkan sebelumnya. Bisa jadi hanya satu kali setiap hari. Dan situasi ini normal, kok, Moms.

“Untuk bayi yang disusui, normal jika hanya buang air besar satu kali dalam seminggu,” jelas Nanci Pittman, M.D., ahli gastroenterologi anak dan asisten profesor pediatri di Mount Sinai School of Medicine di New York City, mengutip dari laman Parents.

“Bisa juga normal untuk buang air besar sebanyak satu kali setiap kali menyusui,” sambungnya.

Lantas bagaimana dengan frekuensi BAB bayi yang minum susu formula?

Beberapa bayi yang diberi susu formula mengalami BAB yang lebih jarang. Namun, ini tergantung pada sistem pencernaan si kecil.

Bayi baru lahir yang diberi susu formula juga biasanya BAB lebih sedikit, tetapi ukuran tinjanya lebih besar dan lebih bau. Sebab, kotoran melewati usus lebih lambat saat bayi mengonsumsi susu formula.

Itulah Moms informasi terkait frekuensi BAB bayi, baik bayi yang diberi ASI maupun susu formula. Jika si kecil mengalami masalah dalam pencernaannya, langsung saja konsultasikan dengan dokter anak, ya.