Baby

Bayi Baru Lahir Punya Lanugo (Rambut Halus) di Tubuhnya, Normalkah?

Pernahkah Moms melihat tubuh bayi baru lahir yang dipenuhi oleh rambut-rambut halus, terutama di punggung, kaki, dan lengannya? Nah, rambut-rambut halus itu bernama lanugo.

Sejumlah ibu mungkin saja merasa khawatir saat menjumpai kondisi ini pada buah hatinya. Mereka merasa takut jika rambut-rambut pada tubuh bayi baru lahir itu tidak akan hilang atau bahkan tumbuh lebat.

Sebenarnya kondisi ini masih bisa dibilang normal, karena lanugo akan gugur atau rontok dengan sendirinya. Namun, memang adakalanya lanugo masih bertahan di tubuh bayi hingga beberapa waktu.

Melansir dari laman Parenting Firstcry, lanugo yang masih bertahan di tubuh bayi dalam jangka waktu lama bisa jadi pertanda beberapa masalah. Apabila si kecil mengalaminya, lebih baik Moms langsung konsultasikan ke dokter untuk tahu penyebab pastinya.

Pasalnya ada beberapa perbedaan rambut halus yang tumbuh di tubuh, misalnya yang bersifat patologis seperti Congenital Adrenal Hyperplasia (CAH), bulimia, dan anoreksia. CAH terjadi karena kekurangan enzim, lalu bulimia dan anoreksia terjadi karena kekurangan gizi.

Berikut penjelasan kondisi kesehatan patologis tersebut:

  • CAH bertanggung jawab atas kadar yang lebih rendah atau tidak adanya kortisol atau aldosteron.
  • Menyebabkan produksi hormon androgen pria yang lebih tinggi sehingga menyebabkan pertumbuhan rambut wajah dan tubuh yang tidak normal.
  • CAH bertanggung jawab atas rendahnya kadar natrium dalam darah. Berisiko menyebabkan jantung bayi tidak berfungsi dengan baik.
  • Anoreksia dan bulimia berisiko menyebabkan anak kekurangan berat badan dan tidak tertarik terhadap makanan. Dampaknya dapat menyebabkan depresi, gangguan kepribadian, kecemasan, diabetes, dan lainnya.

Maka untuk mencegah kondisi yang tidak diinginkan, Moms dianjurkan untuk konsultasi langsung ke dokter anak.