Baby

Cegukan pada Bayi Baru Lahir, Apa Penyebabnya?

Cegukan adalah kontraksi berulang dari diafragma. Kontraksi ini menyebabkan pita suara menutup, menciptakan suara ‘hik’ yang khas.

Bayi baru lahir sering mengalami cegukan, dan biasanya tidak perlu dikhawatirkan sampai ia berusia satu tahun. Namun, jika cegukan tampak aneh atau sering terjadi setelah usia satu tahun, lebih baik bicarakan dengan dokter anak tentang hal itu.

Apa Penyebab Cegukan pada Bayi?

Melansir dari Momjunction, penyebab pasti cegukan pada bayi tidak diketahui. Cegukan pada dasarnya terjadi karena pemicu refleks cegukan, yang terdiri dari aksi simultan diafragma, otot yang mengontrol trakea, dan saraf.

Jika saraf yang terlibat dalam refleks dipicu atau teriritasi, itu menyebabkan cegukan, yang diatur oleh bagian otak dan sumsum tulang belakang.

Hanya saja, eberapa kondisi dapat memicu atau mengiritasi saraf refleks cegukan. Penyebab paling umum di antara bayi baru lahir adalah menelan udara berlebih saat menyusui dan memberi makan berlebihan.

Beberapa bayi baru lahir mungkin mengalami cegukan bahkan tanpa pemicu yang terlihat karena cegukan cenderung umum terjadi selama beberapa bulan pertama kehidupan bayi.

Nah, siapa, nih, Moms yang bayinya suka cegukan?