Baby

Kenapa Bayi Suka Senyum Sendiri?

Moms, pernah enggak, sih, melihat bayi baru lahir yang suka senyum sendiri? Kalau Mami pernah, nih, ngalamin kondisi ini. Dan saat melihatnya, hati Mami meleleh banget, Moms.

Lantas, sebenarnya apa, ya, yang membuat bayi baru lahir bisa dan suka senyum sendiri? Apa hanya refleks atau memang ada alasannya?

Mengutip dari laman theAsianparent Indonesia, bayi biasanya mulai tersenyum di usia 6-12 minggu. Namun, tidak menutup kemungkinan jika Moms akan melihat bayi tersenyum segera setelah ia lahir.

Nah, senyum awal bayi baru lahir ini adalah senyum refleks. Bayi mulai refleks tersenyum saat masih di dalam kandungan dan terus melakukannya setelah ia lahir ke dunia.

Senyum ini biasanya terjadi secara tiba-tiba dan dalam waktu yang singkat. Bisa jadi bayi tersenyum ketika ia sedang tidur atau bahkan sedang buang air kecil maupun buang air besar. Lalu, senyum refleks itu biasanya akan berhenti setelah si kecil berusia sekitar 2 bulan.

Selain hanya refleks, menurut Emese Nagy, Reader of Psychology, University of Dundee, ada juga sejumlah penelitian yang membuktikan bahwa senyum yang tersungging dari bibir bayi baru lahir merupakan tanda emosi positif.

Misalnya ketika Moms membelai pipi atau tubuh bayi dengan penuh cinta. Selain itu, juga sebagai respons terhadap rasa dan bau yang manis.

Itulah Moms sejumlah alasan bayi baru lahir suka senyum sendiri. Kalau buah hati Moms di rumah suka senyum sendiri juga enggak, nih?