Baby

Kulit Bayi Baru Lahir Mengelupas, Normalkah?

Bayi baru lahir memiliki kulit yang sangat sensitif. Serta mungkin saja mengalami perubahan pada penampilan dan tekstur kulit dalam beberapa minggu pertama setelah lahir.

Banyak pula bayi baru lahir yang memiliki bercak kulit kering. Namun ini normal, ya, Moms, dan tidak memerlukan perawatan khusus.

Akan tetapi, dalam kasus pengelupasan kulit yang persisten atau parah, perawatan mungkin diperlukan untuk membantu mengatasi masalah tersebut.

Mengutip dari laman Momjunction, dalam kebanyakan kasus, pengelupasan kulit pada bayi baru lahir adalah normal.

Kulit halus bayi baru lahir rentan mengalami kekeringan yang menyebabkan lapisan paling atas terkelupas dalam beberapa minggu pertama setelah kelahiran.

Hanya saja, beberapa faktor eksternal dapat menyebabkan iritabilitas dan ruam karena sifat kulit yang halus. Namun tenang saja, Moms, karena seiring berjalannya waktu masalah tersebut akan selesai dengan sendirinya.

Oleh karena itu, Moms jangan terlalu panik dulu ya jika si kecil mengalami pengelupasan kulit, karena kondisi ini normal dan akan teratasi, kok. Namun jika Moms ingin memastikan si kecil baik-baik saja, Moms bisa langsung berkonsultasi dengan dokter.