Baby

Tak Hanya Orang Dewasa, Bayi Juga Bisa Stres! Kenali Penyebabnya

Kondisi stres memang bisa dialami siapa saja, tak terkecuali si kecil yang masih berusia dini. Ya, si kecil yang masih berusia bayi pun bisa mengalami stres. Mungkin terdengar sedikit janggal, tetapi itu benar, lo, Moms.

Ketika bayi merasa stres, ia akan mengalami sejumlah perubahan perilaku. Hanya saja, ia tak bisa mengungkapkan perasaannya kepada orang tua karena memang belum bisa berbicara.

Sebagai orang tua, Moms harus mengenali apa saja penyebab yang membuat bayi bisa mengalami stres. Mengutip dari theAsianparent Indonesia, inilah sederet penyebab bayi merasa stres.

  • Sakit. Merasa sakit akibat gangguan pencernaan maupun penyakit lain bisa menyebabkan kondisi bayi stres.
  • Terpisah dari orang tua atau pengasuh. Jauh dari orang tua atau pengasuh bisa membuat bayi merasa takut atau tertekan.
  • Kurang mendapat perhatian. Bayi yang tidak memiliki ikatan yang kuat dengan pengasuh bisa saja merasa kurang nyaman. Bayi juga merasa sangat tertekan saat tidak ada yang menanggapi tangisannya. 
  • Pengasuh atau ibu stres. Seorang bayi mungkin merasakan emosi Moms atau pengasuh mereka, terutama jika Moms sedang mengalami tekanan batin. 
  • Tekanan lingkungan: Bayi mungkin merasa tidak nyaman di lingkungan baru, terutama tanpa kenyamanan atau kehadiran Moms ataupun pengasuh.

Itulah Moms 5 faktor penyebab bayi mengalami stres. Hindari si kecil mengalaminya, ya, Moms.