Baby

Kemampuan Bicara Bayi Usia 12 Bulan

Kemampuan bicara dan bahasa anak akan terus berkembang seiring bertambahnya usia. Mengutip dari theAsianparent Indonesia, umumnya anak-anak sudah menunjukkan tanda-tanda kemampuan komunikasi sejak usia 3 bulan. Contoh sederhana yang dapat Moms perhatikan yaitu ketika si kecil melakukan kontak mata.

Selanjutnya, kemampuan bicara dan bahasa anak terus berkembang pesat, khususnya ketika ia memasuki usia 12 bulan. Di usia 12 bulan atau 1 tahun ini, anak sudah dapat mengucapkan kata-kata yang bermakna.

Seperti bisa mengucap ‘mama’ untuk ibu dan ‘dada’ untuk ayah. Selain itu, si kecil pun mulai bisa memahami intruksi sederhana yang diberikan kepadanya.

Lalu, ia sudah mulai bisa mengoceh dalam waktu yang lama dengan berbagai ritme serta ekspresi. Biasanya si kecil juga mulai menunjukkan beberapa isyarat kepada orang tua atau pengasuh, seperti mengangkat tangannya untuk meminta digendong.

Itulah Moms perkembangan kemampuan bicara dan bahasa pada anak usia 12 bulan atau 1 tahun. Namun, beberapa anak mungkin saja mengalami perkembangan yang berbeda, ya, Moms. Agar si kecil mengalami perkembangan yang sesuai usianya, jangan lupa juga berikan stimulasi untuknya.