Ibu Menyusui

Ibu Menyusui Pakai Bra Kawat, Boleh Tidak, ya?

Menjaga kesehatan selama menyusui merupakan hal penting bagi seluruh ibu, khususnya yang berkaitan dengan produksi ASI. Tidak hanya dari ‘dalam’, ternyata perawatan dari luar pun dipercaya dapat pengaruhi kuantitas produksi ASI. Misalnya, pemilihan bra.

Selama ini kita tahu, ya, Moms kalau ada beragam jenis bra yang bisa dipakai. Termasuk bra kawat atau underwire bra yang selama ini menjadi salah satu jenis bra paling banyak dipakai perempuan.

Akan tetapi, ada anggapan negatif yang muncul tentang pengguaan bra kawat, khususnya untuk ibu menyusui. Disebut jika bra kawat tidak boleh dipakai ibu menyusui karena dapat menghambat aliran ASI. Bahkan dipercaya juga bisa memicu mastitis.

Lantas, apakah ini benar atau sekadar mitos, ya, Moms?

Melansir dari Babycenter, Carmit Archibald, M.D., mengatakan jika ibu menyusui atau busui aman-aman saja kalau ingin memakai bra kawatSebab, dari sudut pandang medis, tidak akan ada masalah jika ibu menyusui mengenakan bra kawat.

“Kekhawatiran tentang penggunaan bra kawat saat menyusui berasal dari gagasan bahwa kawat dapat menghambat aliran darah dan menghambat produksi susu atau menyebabkan saluran tersumbat atau bahkan mastitis,” kata Carmit yang merupakan asisten profesor klinis Mount Sinai School of Medicine.

Carmit melanjutkan, faktanya tidak ada bukti bahwa bra kawat ini bisa menyebabkan masalah menyusui. “Itulah sebabnya konsultan kepada ahli laktasi, bidan, dan bahkan sesama ibu menyusui dapat meneruskan nasihat ini,” imbuh Carmit.

Jadi sudah jelas, ya, Moms, jika ibu menyusui boleh saja memakai bra kawat karena tidak memengaruhi produksi ASI.