Baby

3 Manfaat Menyusui Bayi pada Malam Hari

Umumnya bayi baru lahir akan menyusu setiap 1,5 hingga 2,5 jam di siang maupun malam hari. Oleh karenanya, tak heran, ya, Moms kalau sering kali bayi merengek di malam hari sebagai tanda ingin menyusu.

Sebagai ibu, tentu saja Moms harus menyempatkan waktu untuk menyusui si kecil. Walaupun tak dimungkiri jika badan sudah lelah dan ngantuk. Namun, menyusui jadi salah satu tugas ibu pascamelahirkan.

Nah, jika Moms sering menyusui bayi pada malam hari, ternyata ada sederet manfaatnya, lo. Mengutip dari theAsianparent Indonesia, yuk, Moms simak apa saja manfaatnya.

1. Berkontribusi pada Sebagian Besar Pemberian ASI

Menyusui bayi di malam hari merupakan bagian penting dari keseluruhan waktu menyusui selama 24 jam.

Penelitian telah menunjukkan jika sekitar 64% bayi usia 1-6 bulan menyusui antara 1 hingga 3 kali di malam hari (dari jam 10 malam hingga 4 pagi).

Sekitar 20% dari asupan selama 24 jam yang bayi terima, berasal dari pemberian ASI di malam hari.

2. Pendukung Pertumbuhan Normal yang Alami

ASI mengandung triptofan, yang dibutuhkan bayi sebagai pendukung pertumbuhan secara normal. Di dalam tubuh, triptofan bertugas membantu produksi hormon serotonin yang diyakini bisa membantu kestabilan perasaan bayi.

3. Melindungi Bayi dari SIDS atau Kematian Mendadak

Menurut National Health and Medical Research Council, sebuah organisasi kesehatan terkemuka di Australia, menunjukkan jika tidak menyusui meningkatkan risiko SIDS atau Sudden Infant Death Syndrome sebesar 56%. Nah, dengan menyusui di malam hari sesuai dengan permintaan bayi, maka akan mengurangi risiko SIDS.

Itulah Moms 3 manfaat menyusui bayi pada malam hari. Semoga informasinya bermanfaat, ya.